1000 Masjid Di Jabar Gunakan QRIS untuk Sedekah Nontunai

419

Madania.co.id, Bandung – Teknologi digital kini mulai merambah dalam hal ibadah. Salah satunya adalah untuk membazat zakat dan sedekah melalui pembayaran non tunai.

Aplikasi pembayaran non tunai dari Bank Indonesia Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) pun kini sudah dapat digunakan untuk membayar sedekah non tunai.

Bertempat di Masjid Raya Jawa Barat (Jabar), Bank Indonesia Jabar meluncukan penggunaan QRIS di 1000 masjid yang ada di Jabar, Rabu (29/07/2020).

Baca Juga:  Pemkot Depok Perpanjang PSBB Hingga 16 Agustus

Kepala BI Jabar Herawanto menyebutkan BI terus berupaya mendorong transaksi non tunai melalui media digital dan kini bekerjasama dengan pengelola masjid untuk mempermudah pembayaran zakat dan sedekah.

” Sebagai respon atas perkembangan digitalisasi transaksi pembayaran, sejak awal tahun lalu, Bank Indonesia telah meluncurkan standar Quick Response (QR) Code yang disebut QRIS. Kini bisa digunakan untuk membayar sedekah non tunai,” jelasnya.

BI melakukan digitalisasi pembayaran dalam transaksi kegiatan ibadah keagamaan, berkoordinasi dengan Bank Mandiri, Kementerian Agama, Dewan Masjid Indonesia dan MUI serta didukung oleh Pemerintah Provinsi Jabar.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Bakal Gandeng Pihak Swasta dalam Testing PCR

“Melalui kegiatan launching ini, selain mendorong implementasi transaksi non tunai, juga memudahkan umat Islam dalam melakukan ZISWAF (Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf). Jawa Barat sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia dan sebagian penduduknya beragama Islam, menjadi potensi pengembangan digitalisasi pembayaran dalam transaksi kegiatan ibadah,” jelasnya.

BI mencatat jumlah merchant yang telah mengimplementasikan QRIS di Jawa Barat adalah 900.537 (27.46% Nasional), atau tertinggi di Indonesia.

Baca Juga:  Api Membakar Gudang Kapas, Kerugian Hingga Satu Miliar Rupiah

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menambahkan kedepan bukan hanya 1000 masjid saja yang menggunakan transaksi zakat dan sedekah non tunai, namun bisa dilakukan semua masjid.

“Masjid dan mushola di Jabar ada sekitar 128 ribuan, kalau bisa dilakukan serentak, maka pengumpulan zakat dan sumbangan lain bisa lebih akurat dan cepat. Kencleng masjid bisa langsung pakai hape bayarnya,” jelasnya. (tgh)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here