12 juta Anak-anak Berhenti Sekolah Akibat Covid-19 dan Konflik di Sahel

28
Sekolah
Peta Sahel Tengah. (Foto: muslimnews.co.uk)

Madania.co.id, Kamerun- Menurut komunitas kemanusiaan Senin (19/10/20), 12 juta anak-anak terpaksa absen sekolah karena pandemi covid-19 dan konflik besar di seluruh wilayah Sahel, Afrika Tengah.

Menurut Dewan Pengungsi Norwegia (NRC)  anak-anak di Burkina Faso, Mali, dan Niger absen sekolah hingga empat bulan karena pandemi covid-19, dilansir Muslim News.

Semantara 776 ribu anak-anak tidak bisa bersekolah sepanjang tahun karena kekhawatiran keamanan publik atas konflik yang berlangsung.

“Anak-anak berada di tengah-tengah ancaman ganda yaitu ancaman kesehatan dan keamanan di Sahel Tengah. Sejak pandemi, 40.000 sekolah baik sekolah dasar maupun menengah di wilayah itu terpaksa ditutup.

Selain konflik keamanan publik yang semakin mencekam di sana mengakibatkan ditutupnya sekolah, pengungsian berulang dan bertambahnya populasi kemiskinan,” ungkap Maureen Magee, Regional Director NRC di Central Afrika Barat.

Bahkan Magee menambahkan,   sekitar 4.000 sekolah dihancurkan. Banyak anak yang kehidupanya hancur akibat konflik, sekarang mereka hanya bisa menyaksikan bagaimana masa depannya hilang karena konflik.

Minggu lalu, badan Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) mengatakan perlu tindakan secepatnya untuk menghindari “konsekuensi besar” akibat krisis kemanusiaan di Sahel Tengah.

Untuk membahas masalah ini, Denmark dalam kemitraannya dengan Jerman, Uni Eropa, dan PBB telah menjadi tuan rumah dalam konferensi meja bundar menteri untuk Sahel Tengah pada 20 Oktober di Kopenhagen.

“Perjanjian mereka di konferensi meja bundar yang dilaksanakan oleh Uni Eropa dan PBB di Sahel Tengah fokus untuk menyoroti kondisi sekolah.

Jangan lagi terulang pembatalan perjanjian sepihak. Komitmen politik ini akan mengaktivasi sekolah supaya tahun depan aktivitas sekolah tidak pagebug seperti sekarang dan tahun sebelumnya. Ini demi masa depan anak-anak,” ungkap Magee.(dzk)

Baca Juga:  Politisi Rohingya Dianggap tak penuhi Persyaratan Pemilihan Myanmar

Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here