Peserta Berkebutuhan Khusus Bisa Ikut UTBK SBMPTN

208
Peserta berkebutuhan khusus tuna netra melakukan test UTBK
Peserta berkebutuhan khusus tuna netra melakukan test UTBK di Kampus UPI, Selasa (7/7/2020).

Madania.co.id, Bandung – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengadakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk peserta biasa dan tuna netra. UTBK ini sendiri merupakan salah satu tahapan untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Peserta yang berkebutuhan khusus seperti tuna netra dapat ikut serta mengikuti UTBK dengan menggunakan sistem Non Visual Dekstop Access (NVDA). Aplikasi yang berfungsi sebagai program pembaca layar guna membantu peserta yang memiliki kebutuhan khusus tuna netra.

Baca Juga:  Reaktivasi Teras Cihampelas Ditargetkan Rampung Sebelum Ramadan 2021

“Untuk peserta tunanetra aplikasinya sama hanya ada bantuan software NVDA, yang berfungsi membacakan soal dari soal yang ada di aplikasi,” papar Nurfitriansyah, Koordinator Teknik Informatika dan Komunikasi.

Karena mambutuhkan waktu yang lebih bagi peserta berkebutuhan khusus, soal yang diberikannya berjumlah sekitar 30% hingga 50%. Durasi tetap sama dengan peserta lainnya. Mengungat peserta berkebutuhan khusus hanya berjumlah sebanyak 9 orang,  maka tidak ada pengawasan khusus.* (Syawal)

Baca Juga:  Hal yang Perlu Disiapkan Sekolah Saat Pembelajaran Tatap Muka

Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here