740 Alumni Teknik Kimia Sosialisasi Industri Kimia yang Hijau dan Berkelanjutan Lewat Olahraga

113

Madania.co.id, Bandung- Sebanyak 740 alumni teknik kimia Institut Teknologi Bandung (ITB) mengampanyekan industri kimia hijau untuk pembangunan dan lingkungan yang lebih baik. Program ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan 80 tahun Pendidikan Tinggi Teknik Kimia di Indonesia (PTTKI).

Ketua panitia peringatan 80 tahun PTTKI, Tirto Prakoso, mengatakan, para alumni tersebut akan mengampanyekan industri kimia hijau sambil olahraga yakni bersepeda dan lari. Acara yang bertajuk Cheers (chemical engineering) Run and Ride ini berlangsung satu bulan yakni 5 Juni hingga 4 Juli.

“Untuk lari diikuti 437 peserta, sepeda 303,” katanya di Bandung, Senin (7/6).

Lebih lanjut dia katakan, program ini diharapkan semakin meningkatkan kesadaran pelaku industri yang berkaitan dengan kimia agar lebih memahami pentingnya menerapkan industri kimia hijau dan berkelanjutkan.

Baca Juga:  Berikut Jadwal SIM Keliling Online Kota Bandung Seminggu Kedepan

“Ini sesuai dengan perayaan 80 tahun yang temanya PTTKI sebagai ujung tombak pengembangan industri kimia yang berkelanjutan,” katanya.

Pihaknya berharap ke depan semakin banyak industri kimia yang menganut azas berkelanjutan, tak merusal lingkungan, hemat energi, dan menjadi industri yang hijau.

“Kita punya nilai tambah, yakni mampu membuat produk pengganti impor, industri dari hulu ke hilir, dan berkontribusi dalam menjaga ketahanan pangan agar lebih mandiri,” katanya.

Dia menambahkan, dalam peringatan 80 tahun PTTKI ini, pihaknya menyusun tiga program yakni teknik kimia untuk bangsa, teknik kimia untuk program studi, dan teknik kimia untuk alumni teknik kimia ITB.

Baca Juga:  Sebanyak 1.5 Juta Liter Air Zamzam Digunakan di Mekkah dalam 3 Bulan

“Kami akan menilai industri mana yang sudah ke arah industri berkelanjutan, industri hijau,” katanya.

Selain itu, akan dilakukan juga sosialisasi dan pelatihan-pelatihan terkait solusi industri kimia hijau. “Kami juga akan membahas cara mengurangi impor bahan kimia yang sangat besar. Karena sekarang 90% lebih bahan kimia yang digunakan itu masih impor,” ujarnya.

Adapun terkait program teknik kimia untuk program studi di kampus, pihaknya mempertemukan antara peneliti di kampus dengan berbagai industri. Melalui cara itu, dia berharap semakin banyak hasil penelitian khususnya terkait industri kimia hijau dan berkelanjutan yang digunakan industri.

Baca Juga:  Tuntut Kompensasi Biaya Kuliah, Mahasiswa Gelar Aksi Demo Virtual

“Cheers Run and Ride ini bagian dari program teknik kimia untuk alumni teknik kimia ITB,” katanya. Kompetisi virtual ini terbagi ke dalam dua kategori yakni yang paling cepat menempuh jarak 40 km (lari) dan 80 km (sepeda), serta yang paling jauh jaraknya selama periode 5 Juni-4 Juli.

Setiap peserta dibagi ke dalam tiga kategori usua yakni 15-35, 36-55, dan 56-77. Masing-masing peserta bisa mengikuti kompetisi terpisah sehingga tidak harus dalam satu arena yang sama, terlebih mengingat kondisi saat ini yang masih pandemi virus korona.(tgh)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here