Artificial Intellegence untuk Optimalisasi Public Relations

151

Kuliah Umum Prodi Humas UIN Bandung

Madania.co.id, Bandung — Prodi Ilmu Komunikasi Humas Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung menyelenggarakan kuliah umum  bertajuk Artificial Intellegence dalam Optimalisasi Public Relations, Kegiatan ini digelar secara daring pada  Selasa (14/04/2021).

Kuliah umum terkait kecerdasan buatan atau yang lebih dikenal dengan artificial intellegence yang digelar sore hari ini menghadirkan narasumber Dr. N. Nurlaela Arief, MBA. Kegiatan yang diadakan secara daring dengan menggunakan Zoom Meeting ini dihadiri 300 mahasiswa dari pukul 15.30 sampai 17.00 WIB.

Kendati dalam keadaan puasa ramadhan, semangat para mahasiswa untuk menyimak kuliah umum ini tampak sangat antusias, dan terlihat serius. Terlebih narasumber dalam kuliah umum kali ini menghadirkan pakar dan juga penulis buku dalam kajian Artificial Intellegence.

Kuliah umum itu dikemas secara interaktif. Bukan hanya ada sesi pemaparan, tetapi juga ada sesi diskusi, dan tanya jawab. Makin asyiknya lagi, kuliah umum ini dipandu MC dan moderator yang berpengalaman.

Baca Juga:  MKS UIN Bandung Gelar Kuliah Umum Nasional Fintech Syariah

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Humas, Dyah Rahmi Astuti, M.Si, CP. berharap, “Kuliah umum ini dapat menambah wawasan tentang pentingnya artficial intellegence dalam dunia Public Relations,” tuturnya.

Dalam sambutannya, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Dr. H. Darajat Wibawa, M.Si menjelaskan, kuliah umum merupakan agenda  wajib tahunan. “Terima kasih kepada Dr. N. Nurlaela  yang berkenan memberikan pencerahan dan wawasan mahasiswa dalam mengikuti dinamika dan isu terbaru mengenai pentingnya big data dan artificial intellegence,” paparnya.

Baca Juga:  Dharma Anggara Juarai Lomba Esai Nasional

Ia juga menjelaskan, bahwa program ini menjadi bagian dari upaya pencerahan agar mahasiswa Ilmu Komunikasi tetap menjadi yang tedepan dalam mengikuti perkembangan zaman.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung,  Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag. menegaskan, tema kuliah umum ini sangat relevan dengan kemajuan teknologi komunikasi saat ini. Tema yang relevan ini juga disampaikan oleh narasumber dengan kualifikasi keilmuannya yang juga mumpuni.

Big Data, AI, dan PR

Dalam pemaparannya, Dr. N. Nurlaela Arief, MBA mengungkapkan tentang bagaimana Big Data dan Artificial Intellegence merevolusi dunia Public Relations (PR).

Saat ini, paparnya,  kita sudah dituntut untuk menjadi digital talent. Pola komunikasi yang berbeda, dari one to many into many to many. Semua menggunakan dan mengomsumsi data.

Baca Juga:  Dua Pesawat Semai Hampir 10 Ton NaCl dalam Operasi TMC Antisipasi Banjir

“Itulah pentingnya pengetahuan tentang big data dan Artificial Intellegence,” ungkap Ketua Perhumas BPC Bandung ini

PR, tambahnya, harus mempunyai kecakapan atau dalam menganalisis data, dan menerjemahkannya ke dalam bentuk komunikasi yang efektif.

Antusiame tinggi mahasiswa Humas dalam  kuliah umum ini juga memperoleh pujian narasumber, yang kemudian membagikan bukunya yang berjudul Public Relations in The Era of artificial Intellegence, How Big Data and AI Revolutionist Communication Profession kepada mahasiswa yang aktif dalam sesi tanya jawab.*  (Nora)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here