Bila Hukum Disalahgunakan, Implikasinya Bisa Berbahaya

344

VIDEO PODCAST, NGOPI DI PARMUSI — Hukum masih belum berpihak optimal pada keadilan dan  tegaknya kebenaran. Bahkan sayangnya, hukum malah tak jarang disalahmanfaatkan oleh sekelompok orang, hanya untuk kepentingan tertentu yang terkadang bertentangan dengan hukum itu sendiri.

Di masa Orde Lama, politik menjadi panglima. Politik menjadi sarana hebat dalam ‘merebut’ kekuasaan, bahkan politik itu identik dengan kekuasaan itu. Demi politik, demi kekuasaan, seolah semuanya harus mengalah. Seakan tak ada pilihan: mengalah atau ‘dipaksa’ kalah.

Baca Juga:  Membaca Sejarah dan Peran ICMI untuk Islam dan Indonesia

Di zaman Orde Baru, situasi dan kondisinya berubah. Bukan lagi politik sebagai panglima. Ekonomilah yang kemudian tampil menjadi panglima. Ekonomi merangkak tumbuh. Grafik perumbuhannya lumayan menggembiran, tapi sayangnya, hanya sebatas tumbuh, sementara pemerataan ekonomi dinilai gagal terwujud.

Di fase berikutnya, di zaman belakangan ini, hukum  digadang-gadang sebagai kekuatan baru yang diharapkan mampu membangun keadilan dan tegaknya kebenaran. Sebut saja sebagai panglima. Tapi, lagi-lagi,  hukum pun belum mampu berdiri tegak, baik dalam membela kebenaran maupun dalam menegakkan keadilan.

Baca Juga:  Perkuat Kerjasama, IAIN Kediri Kunjungi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagaimana keseruannya?

Ikuti perbincangan kali ini dengan pakar hukum, politik, dan pemerintahan, Prof. Dr. Asep Warlan Yusuf. Guru besar satu ini mengupas realitas itu secara tajam, dan mendalam.

Tonton terus NGOPI DI PARMUSI yang akan mengkaji isu-isu teraktual secara kritis dan tajam bersama narasumber kredibel dan profesional.

Ikuti Media Sosial dan Media Online Kami

Baca Juga:  UMKM Jabar Terbanyak Menerima BPUM

Website : https://madania.co.id/
Instagram: https://www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter : https://twitter.com/madaniacoid/followers
Facebook : https://www.facebook.com/madaniacoid

Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe.


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here