Disdik Jabar Bakal Atur Sekolah Swasta ke Dalam PPDB 2021

92
Ilustrasi Ruang Kelas

Madania.co.id, Bandung- Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat akan menerapkan regulasi baru terkait penerimaan peserta Didik baru (PPDB) 2021. Ini dilakukan agar pendidikan bisa lebih merata dan siswa memiliki banyak pilihan sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan, pihaknya melakukan sejumlah perubahan seperti masuknya sekolah swasta dalam proses tersebut. Pelibatan ini dilakukan karena sebelumnya banyak siswa yang tidak tertampung sekolah negeri.

Baca Juga:  Raja Salman Berikan 'Medali Raja Abdulaziz' kepada Para Relawan

Menurutnya, saat ini terdapat 833 SMK/SMA dan SLB negeri, sedangkan swasta mencapai 4.146. “Dari PPDB kemarin hanya terserap 41%,” katanya di Bandung, Rabu (10/2).

Nantinya, tambah dia, sekolah swasta akan masuk ke dalam portal PPDB 2021. Meski memilih sekolah swasta, menurut dia siswa tidak perlu khawatir karena pihaknya memberikan bantuan sebesar Rp2 juta bagi yang rawan tidak melanjutkan pendidikan.

Baca Juga:  Rencana Turki Ubah Hagia Sophia Jadi Masjid Segera Terwujud

“Meski di sekolah swasta, kami akan memberi bantuan,” katanya. Meski begitu, menurutnya tidak semua sekolah swasta masuk ke dalam daftar sekolah di PPDB, terutama yang biayanya mahal.

“Kami akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah swasta,” katanya. Selain itu, pihaknya juga melakukan perubahan pada syarat jalur prestasi.

Nantinya akan diubah dengan menggunakan nilai rapor dalam lima semester terakhir. “Ini dilakukan karena pandemi sekarang,” katanya.

Baca Juga:  Polisi Temukan Narkoba dan Senjata Dalam Mobil yang Alami Kecelakaan

Adapun perubahan lainnya dilakukan dengan mengganti perpindahan orangtua menjadi perpindahan tugas. Dia juga memastikan proses pendaftaran PPDB tidak dilakukan satu pintu di pihaknya, melainkan setiap wilayah yang berada di bawah naungan disdik akan menjadi pelaksana.

Untuk memaksimalkan sejumlah perubahan ini, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi ke sejumlah daerah. “Kewenangan peran akan dibagi ke kantor cabang dinas pendidikan di masing-masing wilayah,” katanya. (tgh)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here