Fabio Quartararo Tampil tercepat di Sirkuit Catalunya

130



Madania.co.id
, Bandung-Pebalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo sukses menjadi yang tercepat di Moto Grand Prix (GP) Catalunya di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Minggu (28/9/2020) malam WIB. Quartararo unggul 0,928 detik dari peringkat kedua Joan Mir yang berada di posisi kedua.

Dengan hasil ini, maka Fabio Quartararo meraih kemenangan ketiganya musim ini. Seusai balapan Quartararo mengaku kemenangan ketiganya musim ini di Grand Prix Catalunya, Spanyol, Minggu, terasa lebih spesial ketimbang dua kemenangan yang ia raihnya seperti di sirkuit pembuka di Moto GP Jerez

Quartararo mengawali seri kedelapan MotoGP 2020 itu dari posisi kedua dan berhasil balapan sepanjang 24 putaran itu untuk merebut kembali pimpinan klasemen dari Andrea Dovizioso yang terjatuh di lap pertama.

Setelah dominan di dua seri di Jerez, pebalap Quartararo penampilan tak konsisten dan puasa podium di lima balapan setelah itu. Hasil terbaik keduanya musim ini yaitu finis di posisi keempat di GP Emilia Romagna, Sirkuit Misano, akhir pekan lalu.

“Ini momen terbaik di hidupku, lebih baik ketimbang dua (kemenangan di) Jerez. Ketika tiba dengan kemenangan kalian tentunya berharap tampil bagus, namun di lima balapan beruntun aku tidak tampil terlalu bagus, lalu datang kemenangan ini, luar biasa,” ucapnya.

Pebalap Prancis itu mendapati ancaman dari pebalap Suzuki Joan Mir yang semakin mendekat di pengujung lomba sebelum akhirnya finis dengan jarak 0,9 detik.

Mir tampil konsisten di empat balapan sebelumnya dan finis runner-up di Catalunya membawanya ke peringkat dua klasemen dengan total raihan 100 poin, terpaut delapan poin dari Quartararo.

“Ketika aku melihat Mir mendekat, aku tidak bisa melakukan apa apa karena ban belakangku sudah hancur, aku menekan maksimal dan bukannya menyimpannya untuk bagian akhir. Satu lap lagi dan aku akan finis kedua tentunya,” kata sang pebalap Prancis.

Baca Juga:  Sembuh dari Covid-19, Valentino Rossi Siap Tampil di MotoGP Valencia Akhir Pekan Ini

Dua pekan lagi, Quartararo membawa status pemuncak klasemen menuju balapan di kampung halamannya, Grand Prix Prancis, di mana 5.000 penonton akan diizinkan menyaksikan langsung balapan di Le Mans.

“Aku rasa menjadi pemuncak klasemen itu spesial di setiap kondisi tapi aku bisa bilang terasa menyenangkan bisa menang hari ini dan mengambil alih pucuk klasemen kejuaraan dan tiba di Prancis dengan kondisi yang sempurna ini,” kata Quartararo

Di balapan itu, Lap pembuka menyuguhkan drama ketika Andrea Dovizioso yang start dari posisi 17 ketiban sial dan gagal mempertahankan posisinya di puncak klasemen setelah terjatuh karena ditubruk motor Johann Zarco yang jatuh terlebih dahulu di tikungan pertama.

Morbidelli menyintas lap pertama untuk memimpin lomba. Valentino Rossi sempat merangsek ke posisi kedua, namun di lap kelima Quartararo mampu merebut kembali posisinya.

Di lap ke-9, Quartararo melakukan manuver ke Morbidelli untuk mengambil alih pimpinan lomba, dengan Rossi tak jauh di belakang kedua pebalap Petronas Yamaha itu.

Morbidelli lima lap berselang mengalami masalah ban belakang ketika menuju Tikungan 1 dan melebar hingga memberi jalan ke Rossi untuk naik ke posisi kedua.

Namun, harapan Rossi untuk naik podium ke-200 kalinya di start balapan ke-350 sepanjang kariernya itu sekaligus peluang juara pupus ketika ia terjatuh di Tikungan 2 sembilan lap jelang finis. Untuk kedua kalinya secara beruntun The Doctor gagal finis setelah GP Emilia Romagna akhir pekan lalu.

Duet Suzuki menjalani start yang bagus hingga melesat ke peringkat lima besar di awal lomba. Joan Mir yang tampil konsisten di empat balapan terakhir, perlahan tapi pasti merangkak naik dari posisi start ke-8 hingga ke posisi tiga beberapa lap jelang akhir lomba, diikuti oleh rekan satu timnya, Alex Rins yang menyalip Jack Miller tanpa kendala.

Baca Juga:  Cetak Empat Gol Saat Kalahkan Southampton, Son Heung-Min: Saya Sangat Senang

Lima lap terakhir, Mir berusaha mengejar Morbidelli yang berjarak kurang dari satu detik di depannya.Hingga dua lap terakhir, Mir melewati Morbidelli di lintasan lurus utama dan satu lap kemudian, Rins mengikuti jejak rekan satu timnya.

Mir menjadi pebalap tercepat hari itu dan mulai mengancam posisi Quartararo, namun telah kehabisan lap di pengujung lomba. (rdn)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here