Gabungan Serikat Buruh dan Pekerja Jawa Barat Rencanakan Aksi Mogok Masal

137
Gabungan Serikat Buruh dan Pekerja Jawa Barat Rencanakan Aksi Mogok Masal
Roy Jinto Ferianto saat melakukan siaran langsung di Radio Streaming Madania.co.id,

Madania.co.id Bandung, Juru bicara Gabungan Serikat Buruh dan Pekerja Jawa Barat Roy Jinto Ferianto menyebutkan bahwa pihaknya akan melakukan aksi mogok kerja secara serentak jika tuntutan mengenai UMP Jawa Barat tahun 2021 tidak dinaikan.

Hal tersebut diungkapkannya pada saat  siaran langsung di Radio Streaming Madania.co.id, Rabu (11/11/ 2020).

“Aksi ini mungkin akan kita lakukan secara daerah, mogok di seluruh wilayah kabupaten kota di Jawa Barat” ujar Roy.

Selain melakukan mogok kerja ia menambahkan bahwa pihaknya ada kemungkinan untuk melakukan long march dalam rangka menuntut kenaikan UMP Jabar 2021.

“Upah merupakan hak fundamental teman-teman buruh, yang tidak bisa diabaikan oleh pemerintah. Karena penetapan upah minimum itu menjadi kewajiban negara, kewajiban pemerintah karena domainnya diserahkan secara penuh kepada Gubernur” tuturnya.

Roy menambahkan, sebelum aksi tersebut digelar para buruh akan mengingatkan pemerintah pada tanggal 17 agar apa yang menjadi tuntutan dapat segera direalisasikan.

“Tanggal 17 kita akan memberikan warning tanggal 19,20, dan 21 kita akan melakukan aksi secara besar-besaran untuk menuntut revisi UMP” ungkap Roy.

Roy menjelaskan bahwa Gabungan Serikat Buruh dan Pekerja Jawa Barat telah melakukan audiensi bersama pemerintah Jawa Barat pada senin, 9 November kemarin dan menyampaikan beberapa tuntutan.

Salah satunya adalah mengajukan permohonan agar UMP 2021 direvisi dan tetap naik paling lambat tanggal 20 November 2020.

Seperti diketahui Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil belum bisa menaikan UMP Jawa Barat untuk tahun 2021. Keputusan tersebut mengikuti surat edaran Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah untuk tidak menaikan UMP Nomor M/11/HK.04/X/2020 tentang penetapan upah minimum tahun 2021 pada masa pandemi Covid-19 besarannya sama dengan tahun 2020.(ibm)

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Kamis 8 Oktober 2020

Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here