Hari Penuh Berkah, Inilah Keistimewaan Hari Jumat

83
Ilustrasi. (Istimewa).
Ilustrasi. (Istimewa).

Oleh : Firyal Nur Fadilah

SETIAP umat muslim di seluruh dunia pasti tahu bahwa hari jumat merupakan hari istimewa dan penuh keberkahan. Setiap hari merupakan hari yang baik tetapi jumat merupakan hari yang paling baik. Seperti dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh
Abu Hurairah.

“Sebaik – baik hari di mana hari terbit di saat itu adalah Hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika itu dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat (HR.Muslim),” Inilah beberapa keistimewaan hari jumat.

1. Waktu Mustajab Terkabulnya Doa

Hari jumat merupakan waktu mustajab untuk berdoa. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda. “Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat suatu waktu yang jika pada waktu itu seorang muslim tepat berdoa memohon kebaikan kepada Allah maka Allah akan mengabulkannya, dan rentang waktu cukup singkat,” (HR. Muslim).

2. Hari Khusus yang Disebutkan dalam Al Quran.

Hari jumat disebutkan dalam Al Quran surat Al Jumuah ayat 9, Allah berfiman yang artinya. “Hai orang – orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui,” (QS. Al Jumuah).

3. Sedekah Hari Jumat Merupakan Hal Istiewa

Sedekah di hari jumat akan mendapatkan pahala berlipat ganda karena kemuliaan waktu. Di hari itu, sedekah merupakan hal baik dan hari jumat hari yang baik.

Seperti disebutkan dalam hadist. “Sedekah itu dilipatgandakan pahalanya pada hari Jumat (yakni bila sedekah itu pada hari jumat maka pahala berlipat ganda dari hari lain,” (HR. Abi Syaibah).

Baca Juga:  Rusuh Saat Aksi Demo di Gedung Sate

4. Hari Penghapusan Dosa

Diriwayatkan oleh Salman Al Farisi , Rasulullah SAW bersabda. “Siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid dan masuk masjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa – dosanya diantara dua Jumat,” (HR. Bukhari).


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here