Ini Dia Prototype Manusia Terbaik

294

Oleh Dr. Dudy Imanuddin Effendi, M.Ag

Rasulullah SAW pernah bersabda tentang salah satu prototype manusia terbaik di dunia. Menurut beliau, mereka yang memiliki sifat hayyin, layyin, qorib, dan sahl. Hal ini diperkuat oleh hadist yang diriwayatkan oleh imam At-Tirmidzi dan Ibnu Hibban, yang bunyinya:

NABI Muhammad SAW bersabda, “Maukah kalian aku tunjukan orang yang haram baginya tersentuh api neraka?” para sahabat berkata “mau, wahai rasulullah!” beliau menjawab “yang haram tersentuh api neraka adalah orang yang Hayyin, Layyin, Qorib, Sahl.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

Hayyin adalah cerminan orang yang memiliki sifat tenang dan berwibawa, baik pada sikap lahir maupun batinnya. Tidak labil atau tidak mudah tersulut emosi, tidak mudah marah, tidak grusa-grusu dalam segala hal. Tak hanya itu, ia juga senantiasa penuh pertimbangan, mampu menahan diri dengan memperbanyak istighfar, tidak gampang mencaci, atau pun melaknat.

Dalam Alqur’an, surat al Furqan ayat 6 disitir bahwa sifat hayyin artinya tawadu’ atau rendah hati. Allah SWT telah berfirman dalam surat al-Furqan ini, “Mengenai hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan hati yang rendah dan orang-orang yang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucap ‘salam’.”

Layyin adalah cerminan orang yang mempuyai sifat lembut dan penuh kasih sayang, baik dalam bertutur-kata atau pada perbuatannya. Orang-orang yang menghindari keras dari berbuat kasar atau melakukan perbuatan semena-mena. Orang yang tidak mudah marah pada saudaranya muslim tanpa alasan yang jelas. Lemah lembut dan selalu menginginkan kebaikan untuk sesamanya.

Layyin adalah cerminan orang yang selalu berusaha menjaga perasaan orang lain, tidak ingin mempermalukannya di hadapan umum dan tidak suka meremehkan orang lain. Salah satu sifat ini pernah disitir oleh Rasulullah SAW dari Abu Syuraih, “Wahai Rasulullah, tunjukkanlah suatu amalan yang dapat memasukkanku ke dalam surga. ”Beliau bersabda, “Di antara sebab mendapatkan ampunan Allah adalah menyebarkan salam dan bertutur kata yang baik.”

Baca Juga:  Menjadi “Raja” bagi Hawa Nafsu Diri Sendiri

Qorib adalah cerminan orang yang memiliki sifat murah senyum, ramah dan akrab terhadap sesama. Dia memiliki wajah yang berseri-seri dan selalu menebar salam. Sifat Qarib juga cerminan orang yang mudah untuk diajak berteman, suka menyambung silaturahmi, mudah akrab dengan seseorang, ramah diajak bicara, menyenangkan bagi orang yang mengajak bicara, dan suka menebarkan salam.

Qaribin ini adalah orang yang banyak temannya karena kehadirannya selalu dinanti. Qarib ini merupakan dampak dari melekatnya sifat Layyin yang telah menoreh keutamaan kebersamaan, kekeluargaan, keutuhan, persatuan dan kesatuan. Menghindari dan tidak menginginkan perpecahan, pertengkaran, dan permusuhan.

Terakhir, sahl adalah cerminan orang yang memiliki sifat orang yang tidak suka mempersulit sesuatu, selalu memberikan solusi bagi setiap permasalahan, tidak suka berbelit-belit, tidak menyusahkan dan tidak membuat orang lain susah. Bahkan tidak suka lari dan menghindar dari setiap masalah yang harus diperbaikinya.

Sahlin adalah orang yang suka membantu urusan orang lain dan meringankan beban orang lain. Dia akan senang dan bahagia jika bisa memudahkan urusan orang lain dan meringankan beban orang lain.

Inilah empat sifat prototype manusia terbaik di dunia, yang amalan kehidupannya selalu dilambari akhlak karimah. Bahkan konon, jejak-jejak kehidupan semasa di dunianya bisa menjadi modal utama dalam keselamatan diakhirat nanti. Maukah memiliki modal terbaik untuk keselamatan akhirat, seraplah empat sifat ini ke dalam diri saat menjalankan kehidupan di dunia.***

Penulis, Ketua Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN SGD Bandung.


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here