Inilah Keutamaan Shalat Tahajud

222
Source : smpi.alhasanah.co.id
Source : smpi.alhasanah.co.id

Oleh : Firyal Nur Fadilah

SHALAT tahajud merupakan shalat sunah yang sangat dianjurkan. Keutamaan shalat tahajud telah difirmankan oleh Allah SWT dalam QS. Al-Isra ayat 97 yang artinya:

“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudahan-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat terpuji.”

Shalat tahajud memiliki banyak keistimewaan bagi umat muslim yang melaksanakannya. Inilah beberapa kejaiban dari shalat tahajud :

1. Diampuni Dosa

Dalam perjalanan hidupnya, manusia tidak lepas dari kesalahan dan dosa. Dengan shalat tahajud, akan diampuni segala kesalahan dan dosa.

Baca Juga:  Mikrochip Gratis dan Kuota Murah untuk PJJ di Jabar

Rasulullah SAW bersabda: “Hendaklah kalian melaksanakan shalat malam karena shalat malam itu merupakan kebiasaan orang – orang shaleh sebelum kalian, ibadah yag mendekatkan diri kepada Tuhan kalian serta penutup kesalahan dan penghapus dosa.” (HR. Tirmidzi, Al Hakim, Baihaqi).

2. Lebih Dekat dengan Allah

Semua umat muslim di dunia tentunya ingin selalu lebih dekat dengan Allah SWT. Shalat tahajud akan membuat muslim lebih dekat dengan Allah.

Rasulullah SAW bersabda. “Hendaklah kalian mengerjakan qiyamulail, sesungguhnya ia adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, mendekati diri kepada Allah Ta’Ala, mencegah perbuatan dosa, menghapus kejahatan dan menangkal penyakit dari badan,” (HR. At Turmudzi, Al Hakim).

3. Termasuk Golongan Orang Bertakwa

Baca Juga:  Ini Dia Komentar Presiden Jokowi Ketika Divaksin Covid-19

Allah berfirman dalam Qs. Adz Dzariyat ayat 15 – 18 yang artinya

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam taman-taman surge dan di mata air, sambil mengambil apa yang diberikan oleh Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang bebuat kebaikan, (yakni) mereka sedikit sekali tidur di waktu malam dan diakhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah),” (QS. Adz Dzariyat 15-18).

4. Mendapatkan Kebaikan Dunia dan Akhirat

Baca Juga:  Erdogan Ajak Negara Islam Tingkatkan Ekonomi, Pemberantasan Rasisme, dan Pemeliharaan Yerusalem

Muslim yang melaksanakan shalat tahajud akan mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat. Hidup di dunia bahagia dan mati dengan khusnul khotimah merupakan impian setiap muslim di dunia.

Rasulullah SAW bersabda. “Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya dan hal tersebut ada setiap malam.” (HR. Muslim).***


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here