Israel Menyita 1.000 Hektar Tanah Palestina di Lembah Yordania

118
tanah
Pasukan pendudukan Israel berpatroli di Lembah Yordania. (Foto: english.wafa.ps)

Madania.co.id, Palestina- Lagi dan lagi Otoritas Israel mengambil alih tanah Palestina di wilayah Lembah Yordania utara di Tepi Barat.

Menurut seorang pejabat Palestina, Israel mengumumkan pada Kamis (15/10/20) pengambilalihan wilayah sekitar 11.000 dunum (1.000 hektar), seperti dilansir Wafa News Agency.

Qasem Awwad, juru bicara Komisi Perlawanan Pemukiman dan Tembok Apartheid Otoritas Palestina (PAAWSRC) mengatakan penyitaan Israel dilakukan dengan dalih memindahkan partikel tanah tersebut ke tiga waduk alami di daerah sana.

Alasan tersebut kadang-kadang digunakan Israel untuk melayani proyek pembangunan dan perluasan pemukiman ilegal.

Awwad mengatakan sebagian besar tanah yang disita terletak di daerah yang berdekatan dengan permukiman ilegal Rotem, Maskiyot dan Mesovah.

Hal itu membuktikan bahwa alasan penyitaan Israel adalah untuk memperluas area permukiman Israel daripada mengalokasikan lebih banyak lahan untuk pembangunan waduk alami.

Ia menambahkan bahwa sejak pengumuman rencana Deal of the Century yang didukung AS Januari lalu, otoritas pendudukan Israel menyetujui pembangunan lebih dari 12.000 unit rumah di pemukiman Tepi Barat.

Namun pada kenyataannya Israel malah membangun area pemukiman Israel secara ilegal.

Awal tahun ini, PM Israel, Benjamin Netanyahu berjanji akan mengambil seluruh wilayah Lembah Yordania ke dalam kedaulatan Israel jika dia terpilih kembali sebagai perdana menteri israel.(dzk)

Baca Juga:  Gubernur Larang Warga Pakai Masker Scuba, Pedagang dan Warga Mengeluh

Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here