ITB Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru 2021

93
Kampus ITB Cirebon

Madania.co.id, Bandung – Institut Teknologi Bandung (ITB) meluncurkan Laman baru penerimaan mahasiswa, yang nantinya akan dikenal sebagai Admission ITB.

Penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang sarjana tahun ini dibuka lewat tiga jalur, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri. Khusus pada jalur SNMPTN, ITB menawarkan Program Peminatan. Selain itu ITB juga membuka kelas Internasional.

Direktur Pendidikan ITB Dr. Techn. Arief Hariyanto menjelaskan, tahun ini ITB akan menerima 4620 mahasiswa baru dengan kuota yang disediakan untuk jalur SNMPTN sebesar 40%, sedangkan kuota untuk jalur SBMPTN sebesar 30%, dan 30% untuk jalur Seleksi Mandiri. Jalur ini dibuka untuk semua sekolah/fakultas yang ada di ITB.

Baca Juga:  Bahaya! Ada Potensi Gempa Bangkitkan Tsunami di 2 Lokasi Selatan Jawa, Termasuk Jabar

Informasi, tata cara, dan jadwal pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN bisa dilihat di laman resmi panitia pusat SNMPTN https://ltmpt.ac.id.

Jalur Seleksi Mandiri menjadi jalur alternatif bagi calon mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik baik dan menginginkan diterima langsung di program studi yang diinginkan. Pada penerimaan jalur seleksi mandiri, ITB menggunakan nilai rapor semester 1-5 dan nilai UTBK sebagai materi penilaian. Khusus Fakultas Seni Rupa dan Desain, ITB akan melaksanakan ujian ketrampilan.

Baca Juga:  Len Industri Revisi Target Pendapatan Hingga Rp1,5 Triliun

“Seleksi Mandiri ITB tahun 2021 dilakukan untuk penerimaan mahasiswa pada semua program studi yang ada di ITB, kecuali program studi di ITB Kampus Cirebon,” ujar Arief.

ITB tidak membuka jalur penerimaan seleksi mandiri di ITB Kampus Cirebon sebagai salah satu program insentif, dengan pengenaan UKT SNMPTN dan SBMPTN bagi seluruh mahasiswa ITB Kampus Cirebon.

ITB menawarkan 16 program studi pada Program Peminatan. Program Peminatan merupakan bentuk dukungan ITB terhadap pengembangan ilmu pengetahuan yang sangat penting dalam pembangunan Indonesia dan Ilmu Pengetahuan. Beberapa program studi tersebut ialah Program Studi Astronomi, Kimia, Meteorologi (Ganesha), Oseanografi (Ganesha), Oseanografi (Cirebon), Teknik Geofisika (Ganesha), Teknik Geofisika (Cirebon), Teknik Fisika, Manajemen Rekayasa, Teknik Material, Perencanaan Wilayah dan Kota (Ganesha), Perencanaan Wilayah dan Kota (Cirebon), Teknik Bioenergi dan Kemurgi, Kriya (Cirebon), Teknik Industri (Cirebon) dan Kewirausahaan.

Baca Juga:  Macron Kritik Media Soal Liputan Sikap Prancis yang Menggemparkan Dunia Islam

“ITB juga membuka kelas internasioanal. Penyelenggaran kelas internasional untuk memberikan kesempatan pada putra putri Warga Negara Indonesia yang telah tinggal di luar negeri dan ingin menempuh pendidikan tinggi di Indonesia,” kata Arief. (tgh)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here