Kang DS: jagung Komoditas Pangan Strategis Pembangunan Nasional

22
Kang DS(kedua dari kiri).(Foto: istimewa)

Madania.co.id, Bandung  – Bupati Bandung, HM Dadang Supriatna, menyatakan jagung merupakan komoditas tanaman pangan yang penting dan strategis dalam pembangunan nasional.

Dalam sisi agrobisnis, lanjutnya, pakan, pangan, dan peluang ekspor, jagung masih sangat berpeluang untuk lebih ditingkatkan produksinya.

Jagung sebagai pangan dan bahan industri, menurutnya, akan memberikan nilai tambahnya dengan teknologi pengolahan.

Beberapa produk olahan berbahan jagung seperti emping, sirup glukosa, fruktosa, bahan baku minyak jagung, pakan ayam dan lain-lain.

Oleh karena itu dalam masa pemerintahan tahun 2021-2026, kata Dadang Supriatna, Pemkab Bandung memiliki target produktivitas jagung di Kabupaten Bandung terus meningkat.

Baca Juga:  Pindad Raih Penghargaan di Top CSR Awards 2021

“Selain itu, dengan penanaman jagung diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani, mengurangi pengangguran dan meningkatkan peluang kerja serta menurunkan angka kemiskinan,” ujar Dadang, saat penanaman perdana jagung hibrida di Desa Cikasungka, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Senin (3/5/21).

Mulai saat ini, kata DS, sapaan bupati, kita harus bangkit walaupun dalam kondisi pandemi, sesuai dengan arahan presiden dengan PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional), dimulai dengan ketahanan pangan.

Baca Juga:  Bank bjb Catatkan Laba Bersih Rp1,7 Triliun

“Saya optimis bahwa peningkatan kesejahteraan ekonomi di Kabupaten Bandung di semua sektor termasuk pangan dimulai dari Desa Cikasungka, insya Allah petani akan sukses di Kabupaten Bandung,” kata Kang DS.

Ia mengatakan, penanaman jagung hibrida ini juga merupakan terobosan dalam memanfaatkan ketersediaan lahan di Kabupaten Bandung yang kemudian diharapkan mampu menghasilkan produksi jagung yang maksimal.

Untuk itu, lanjut dia, perlu adanya dukungan dari berbagai pihak, agar proses produksi jagung ini dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga:  bank bjb Jalin Kemitraan dengan Kodam III Siliwangi

“Mari kita sambut inovasi yang dilakukan oleh petani dan Dinas Pertanian Kabupaten Bandung,” ujar Dadang.

Ini juga, katanya, merupakan awal yang baik dalam rangka penanaman jagung diharapkan ini menjadi role model penanaman jagung yang lebih luas lagi, serta dapat ditiru oleh masyarakat di wilayah lainnya.

“Jika produksi jagung di Kabupaten Bandung ini berhasil, maka tidak menutup kemungkinan membangun pabrik pengolahan jagung. Kebetulan sekarang juga sudah ada di Cicalengka pabrik pengolahan jagung,” katanya.(m)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here