Kartu Tani tak Dapat Digunakan, Darus: Wajar Petani Ciparay Kecewa

41
Dadang Rusdiana. (Foto: istimewa)

Madania.co.id, Bandung – Juru Bicara NU Pasti Sabilulungan, Dadang Rusdiana, mengatakan, wajar jika sejumlah petani di Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung merasa kecewa lantaran kartu tani yang mereka idam-idamkan selama ini tak bisa digunakan.

Menurut Kang Darus, sapaan akrabnya, para petani yang diberi kartu tani oleh salah satu paslon (paslon) Bupati Bandung bisa melaporkan ke Bawaslu. Terlebih para petani merasa tertipu dengan janji-janji paslon.

“Kepada masyarakat yang diberikan janji-janji manis seperti kartu tani seperti itu bisa melapor ke Bawaslu. Karena paslon tidak boleh menjanjikan pemberian sesuatu yang sifatnya materil,” kata dia, Selasa (1/12/2020).

Kang Darus menuturkan, paslon yang menjanjikan sesuatu yang bersifat materil merupakan pelanggaran pidana pilkada. Padahal yang berhak membagi-bagikan kartu-kartu seperti itu adalah bupati terpilih melalui dinas-dinas terkait.

“Jadi bukan calon bupati yang janjikan. Kalau janji program enggak masalah. Karena bukan bersifat materil. Kalau materil ya melanggar pidana. Janji pemberian kartu tani seperti itu tugas pemerintahan,” ucapnya.

Kang Darus pun menyayangkan adanya persitiwa pemberian kartu tani oleh salah satu paslon bupati Bandung itu. Menurutnya, pemberian kartu tani tersebut adalah bentuk janji palsu yang manipulatif.

Ia menilai, yang memberi kartu tani memanfatakan ketidaktahuan masyarakat dengan “Angin Surga” yang sebetulnya program yang kosong dan tak berisi.

“Program seperti itu kan nanti dibuat dalam RPJMD 5 tahunan yang kemudian dilaksanakan dalam program tahunan. Jadi bukan dalam bentuk downpayment kartu-kartu seperti itu. Ini kan menyesatkan,” ucap dia.

Kang Darus menilai, yang membuat kartu-kartu semacam itu tidak memahami mekanisme perumusan kebijakan di pemerinthan,

“kasihan, harus belajar dulu ilmu-ilmu pemerintahan,” katanya.(m)

Baca Juga:  Satu Orang Pejabat Meninggal Dunia, BPN Kabupaten Bandung Sanggah Belasan Karyawan Positif Covid-19

Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here