Kebakaran Masjid Bersejarah Vanikoy di Istanbul

37
Vanikoy
Kebakaran Masjid Vanikoy. (Foto: aa.com.tr)

Madania.co.id, Istanbul- Masjid Vanikoy yang bersejarah di Uskudar Istanbul tampaknya rusak parah setelah kebakaran terjadi hari Minggu (15/11/20).

Sejumlah besar petugas pemadam kebakaran dikirim ke lokasi kejadian untuk memadamkan api. Api dikendalikan dari laut dengan dukungan tim yang tergabung dalam Komando Penjaga Pantai (ShGK).

Dilansir Anadolu Agency (15/11/20), dalam sebuah pernyataan, Gubernur Istanbul mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 13.30 siang waktu setempat.

“Tiga kapal penjaga pantai dari laut, lima truk pemadam kebakaran dari Kota Metropolitan Istanbul dan awaknya telah dikirim ke tempat kejadian,” kata pernyataan itu.

Pemadaman api berhasil dilakukan atas Masjid bersejarah yang dibangun abad ke-17 tersebut.

Penyebab kebakaran yang menimbulkan kerusakan besar ini belum diketahui pasti, dan sedang dilakukan investigasi atas insiden tersebut.

Masjid yang sebagian besar terbuat dari kayu ini dibangun oleh Vani Mehmet Efendi, seorang sarjana Turki, pada tahun 1670.

Insiden ini membuat Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan bersedih dan ia langsung mengerahkan untuk merestorasi kembali mesjid tersebut.

“Hari ini, kebakaran di Masjid Vanikoy yang bersejarah, salah satu simbol Bosphorus, telah membuat kami semua sedih,” katanya di Twitter, Minggu (15/11/20).

“Saya berharap secepatnya, kami akan memulihkan masjid tersebut sesuai dengan tekstur dan asal usulnya, meninggalkan warisan untuk generasi mendatang,” tambahnya. (dzk)

Baca Juga:  Bintang Sepak Bola, Mohamed Salah, Bantu Tunawisma dari Sebuah Pelecehan

Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here