Kepulauan Komoro Rayakan Hari Seni Islam Internasional 

31
Hari Seni Islam Internasional
Ilustrasi Kepulauan Komoro. (Foto: wanderlust.co.uk)

Madania.co.id, Komoro- Persatuan Comoros tengah merayakan Hari Seni Islam Internasional dengan tiga hari pameran dan konferensi debat yang berlangsung dari tanggal 18 sampai 20 November 2020.

Kantor Regional UNESCO Afrika Timur bekerja sama dengan Direktur Jenderal Seni dan Budaya Komoro untuk menyelenggarakan Hari Internasional edisi pertama ini.

Dilansir indiaeducationdiary.in (18/11/20), Hari Seni Islam Internasional diumumkan pada sesi ke-40 Konferensi Umum UNESCO tahun 2019 lalu dan kini akan berlangsung setiap tanggal 18 November setiap tahunnya.

Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan berbagai ekspresi seni Islam masa lalu dan kontemporer serta kontribusi budaya melalui seni Islam terhadap peradaban.

Perayaan ini tidak hanya mendorong apresiasi seni Islam, tetapi juga berkontribusi pada keragaman budaya, kebebasan berekspresi, perlindungan warisan budaya dan dialog antar budaya.

Hari perayaan ini juga menandakan cara untuk memupuk toleransi antar masyarakat dan mendukung pemulihan hubungan budaya, yang keduanya dimungkinkan melalui kekuatan seni.

Sebuah konferensi debat dalam acara perayaan ini berlangsung di Universitas Komoro yang membahas mengenai status para seniman Komoro.

Dimulainya perayaan ini berdasarkan pedoman UNSECO 1980, yaitu “Rekomendasi UNESCO tentang Status Seniman dan Konvensi 2005 tentang Perlindungan dan Promosi dari Keanekaragaman Ekspresi Budaya.”

Selama 3 hari acara, Karya para seniman visual Komoro, Zainou El Abidine Ali dan Khair-Eddine Abdou membuat karya tersebut selama masa lockdown akibat covid-19, karya tersebut ditampilkan sebagai bagian dari pameran COFIN’EXPO 2020 di Museum Nasional Komoro. (dzk)

Baca Juga:  Kota Bandung Belum Tetapkan Denda Tak Pakai Masker

Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here