Keutamaan Shalat Qabliyah Shubuh, Lebih Baik dari Dunia dan Isinya

197
Source : id.pinterest.com
Source : id.pinterest.com

Oleh : Firyal Nur Fadilah

Shalat Sunnah rawatib merupakan amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Semua shalat sunnah memiliki keutamaan dan kebaikan tersendiri jika kita rajin melakukannya. Salah satunya shalat sunnah sebelum subuh atau qabliyah Shubuh.

Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa shalat qabliyah subuh merupakan dua rakaat ringan yang dilakukan sebelum pelaksanaan shalat shubuh.

Seperti dalam hadist Nafi’ dari ibnu Umar yang berkata bahwa Ummul Mukminin Hafshoh memberi kabar. “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu diam antara adzannya muadzin hingga shalat shubuh. Sebelum shalat shubuh dimulai, beliau didahului dengan dua rakaat ringan,” (HR. Bukhari No.618 dan Muslim No.723).

Baca Juga:  Universitas Belgia Selatan Izinkan Pelajar Muslim untuk Berhijab

Inilah beberapa keutamaan shalat qolbiyah shubuh :

1. Lebih Baik dari Dunia dan Isinya

Dengan melaksanakan shalat qolbiyah shubuh. Kebaikan yang diterima setara dengan lebih baik dari dunia dan isinya. Rasulullah SAW bersabda yang artinya “Dua rakaat fajar (shalat sunnah Qobliyah subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim)

2. Mendapat Rumah di Surga

Baca Juga:  Kapolri Terbitkan Maklumat Larangan Kegiatan dan Atribut FPI

Semua manusia ingin masuk surga ketika telah meninggalkan dunia. Dengan rajin mengerjakan shalat sunnah qalbiyah subuh merupakan salah satu cara agar mendapatkan rumah di surga.

Dalam hadist yang disampaikan Ummu Habibah Radhiyallahu anha, Istri Rasulullah SAW berkata, ia mendengar Rasulullah bersabda. “Seorang hamba yang muslim melakukan shalat sunnah yang bukan wajib karena Allah (sebanyak) dua belas Rakaat dalam setiap hari, Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah (istana) di surga,” sabda Rasulullah.

Baca Juga:  Dapat Informasi Peredaran Obat Terlarang, Begini yang Dilakukan Camat Soreang

Kemudian, Ummu Habibah Radhiyallahu anha berkata. “Setelah aku mendengar hadist ini aku tidak pernah meninggalkan shalat-shalat tersebut,” (HR. Muslim).

Mendapatkan ridho Allah SWT dan cinta-nya merupakan impian setiap umat muslim. Rasulullah SAW merupakan panutan yang bisa membawa kita menuju ridha Allah.

Oleh karena itu, alangkah baik jika kita melaksanakan anjuran Rasulullah SAW untuk menaati perintah Allah salah satunya shalat qalbiyah shubuh.


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here