Macron Kritik Media Soal Liputan Sikap Prancis yang Menggemparkan Dunia Islam

27
Macron
Presiden Prancis, Emmanuel Macron. (Foto: aljazeera.com)

Madania.co.id, Prancis- Presiden Prancis, Emmanuel Macron mengatakan bahwa liputan media atas sikap Prancis pasca penyerangan adalah ‘melegitimasi’ (membenarkan) kekerasan.

Macron telah menghubungi seorang reporter New York Times yang mengkritik sikap Prancis perihal “separatisme Islam” yang sempat menggemparkan dunia akhir-akhir ini.

Dilansir Al Jazeera (16/11/20), Macron mengatakan kepada Ben Smith selama panggilan telepon, “Ketika Prancis diserang lima tahun lalu, setiap negara di dunia mendukung kami.”

Dia menambahkan ketika melihat konteks itu semua, justru medialah yang melegitimasi kekerasan ini. Mereka mengatakan bahwa inti masalahnya adalah Prancis telah melakukan rasis dan Islamofobia.

Smith merespon Macron dengan pendapatnya bahwa media asing gagal memahami ‘laïcité’ atau sekularisme, yaitu pilar kebijakan Prancis dan masyarakatnya.

Boikot Produk Prancis

Sementara itu, ribuan muslim di seluruh dunia memprotes Macron dan pemerintahannya dengan cara memboikot semua produk Prancis.

Mereka marah atas komentar Macron bahwa Islam adalah agama “dalam krisis” secara global, dan mendukung hak untuk kebebasan berekspresi dengan menunjukkan karikatur.

Tidak hanya para muslim yang memboikot, tetapi juga surat kabar yang berbasis bahasa Inggris, dan bahkan sekutu politik internasional pun menyerukan hal yang sama.

Seperti Financial Times menerbitkan artikel yang berjudul: Perang Macron terhadap ‘Separatisme Islam’ hanya Memecah Prancis Lebih Jauh‘.

Artikel tersebut kemudian ditarik kembali, dengan mengutip kesalahan faktual.

Demi mempertahankan sikap Prancis, Macron mengirim sebuah surat kepada Financial Times. Isinya ia membantah sudah menstigmatisasi Muslim.

Macron menulis, “Kami (Prancis) diserang karena ini, sama sekulernya bagi Muslim, bagi orang Kristen, Yahudi, Budha, dan semua pemeluk kepercayaan lainnya.” (dzk)

Baca Juga:  Presiden Macron Minta Para Pemimpin Muslim Prancis untuk Membuat Piagam 'Islam' sebagai 'Agama Non-Politik'

Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here