Mengenal Ikan Guppy, Mungil Tapi Harganya …

35
Ryan Hidayat, pemilik tempat budi daya ikan Guppy. (Adinda)

 IKAN guppy yang bertubuh mungil dan corak  beragam seperti ikan cupang membuatnya diburu banyak pecinta ikan. Bukan sekadar untuk hobi dan kompetisi, guppy juga mampu menghadirkan peluang bisnis di tengah pandemi covid-19.

Ryan Hidayat yang sudah menggeluti hobi sekaligus bisnis ikan Guppy sejak 2018  menilai, ikan yang bertubuh tak lebih besar dari ikan cupang tersebut terbilang mudah dibudidayakan.

Saya berawal main guppy itu dari 2018 awal sampai sekarang. Karena pertama mudah buat dibudidayakan, kalau dari progresnya sendiri bagus karena indukannya masih hidup, anakan terus menerus. Misalnya terjual tapi kita masih punya induknya otomatis untungnya bisa berlipat-lipat karena masih punya induk,” ujar Ryan saat ditemui di kediamannya, di Kota Bandung, Jumat (23/10/2020).

Menurut dia, pandemi  juga turut memengaruhi omzet penjualan ikan yang selama ini dibudidayakannya. Bahkan, ia bisa mendapat untung hingga tiga kali lipat dibandingkan sebelum masa pandemi.

Perbedaannya penjualan saya sebelumnya sangat jauh, di pandemi bisa tiga lipat. Kalo dari nominal, keuntungan sebelum pandemi ini cuma bisa meraup Rp 200-500 ribu lah bersihnya. Kalo pas pandemi bisa sampai Rp 4.5 juta paling besar, minimal Rp 1-2 juta per hari,” ungkap Ryan.

“Artinya dari pandemi ini tidak menjadi pengaruh buruk alhamdulilah-nya, malah semakin besar penjualannya. Saya pun kaget, saya pikir gara-gara pandemi gak bakal bener ternyata bisa naikin pendapatan saya,” ujarnya.

Puluhan akuarium mini yang berjajar di ruangan khusus di kediaman Ryan, Jalan  Cijawura Girang, Buah Batu, Kota Bandung, memuat 25 jenis ikan guppy. Harga per ekornya  dibanderol antara Rp 50 ribu hingga Rp 1 juta.

“Yang bedain kualitas, dari umur juga. Dari pakan juga berpengaruh, biasanya dari lahir sampai umur tiga minggu berbeda-beda, bisa dicampur,” tuturnya.

Baca Juga:  Asstro Highlands, Objek Wisata Baru Alternatif Liburan di Akhir Pekan

Tak tanggung-tanggung, Ryan juga sempat menjual ikannya hingga ke mancanegara seperti Meksiko.

Adapun jenis yang sering dibeli antara lain bluegrass dan bluesky dengan rata-rata harga jual Rp 300 ribu-Rp 700 ribu per ekor

Ikan Guppy.(shopee.co.id)

Jangkauan penjualan pernah ke luar negeri, kalau di Indonesia terbilang udah sering. Sebenernya yang mereka cari itu jenisnya yang langka, terus mungkin dari karakteristik ikannya yang berbeda dari tempat penjualan lain. Jadi nyari yang lebih bagus baru dibeli,” katanya.

Ryan juga membagikan tips bagi para pemula yang ingin memelihara ikan ini. Hal pertama yang perlu diketahui ialah memahami kualitas air yang ada lingkungan sendiri.

“Kalau tidak mendukung bisa menggunakan air isi ulang. Terus filterisasinya gak terlalu ribet, bisa menggunakan batu kerikil juga dirasa cukup. Rutin 2×24 jam. Yang penting bisa mengenal jenis airnya aja, tergantung lingkungan kita hidup di mana dan bisa dibilang menjanjikan sekali,” katanya.(adinda)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here