Mesir Siapkan Ibu Kota Administrasi Baru untuk “Pemerintahan yang Cerdas”

186
Ibu Kota Administrasi Baru
Foto Udara Pembangunan Konstruksi Megaproyek “Ibukota Administratif Baru”, Mesir. (Foto: arabnews.com)

Madania.co.id, Mesir- Pembangunan proyek berskala besar di Mesir telah dibangun sejak 2015 lalu yang dinamakan dengan proyek NAC (New Administrative Capital) atau Ibu Kota Administrasi Baru.

Kota baru ini akan berlokasi 45 km sebelah timur Kairo dan tepat di luar Jalan Lingkar Kairo Besar Kedua.

Menurut rencana, kota itu akan menjadi ibu kota administrasi dan keuangan baru Mesir, menampung departemen dan kementerian utama pemerintah, serta kedutaan asing.

Dilansir Arab News (01/12/20), Mesir telah melatih 23% karyawan Ibukota Administratif Baru, kata Saleh El-Sheikh, Kepala Badan Pusat Organisasi dan Administrasi.

El-Sheikh mengatakan 119 partai pindah ke Ibukota Administratif Baru, baik melalui pemindahan lengkap, parsial atau kepemimpinan. Kepala Kabinet Mesir dan 31 kementerian juga akan dipindahkan ke ibu kota tersebut.

Sebanyak 45 badan yang berafiliasi dengan kementerian akan dipindahkan seluruhnya, sementara empat badan yang terkait dengannya akan dipindahkan sebagian, tambahnya.

El-Sheikh mengatakan bahwa 17 lembaga yang akan dipindahkan itu hanya akan mengalihkan posisi kepemimpinannya saja.

Sebagai bagian dari proyek, 13 badan independen penuh akan dialihkan, tiga partai independen akan dialihkan sebagian, sementara satu partai independen akan mengalihkan kepemimpinan.

Berita itu muncul dalam pertemuan yang dipimpin oleh Perdana Menteri Mesir, Mostafa Madbouly untuk meninjau posisi otoritas kementerian yang akan dipindahkan ke Ibukota Administratif Baru.

Pembicaraan tersebut meninjau program pelatihan dan upaya untuk menyusun sejumlah kementerian dan badan-badan yang terkait sebagai bagian dari upaya untuk mempersiapkan perpindahan.

Madbouly mengatakan pemerintah bertujuan untuk memberikan program pelatihan terbaik bagi karyawan yang pindah ke NAC agar mereka dapat melakukan pekerjaan secara efisien.

Pemindahan Lembaga Pemerintahan secara Bertahap

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi Mesir, Hala Al-Saeed mengatakan pemindahan pegawai dan kementerian ke Ibu Kota Administratif Baru akan dilakukan secara bertahap, mulai pertengahan tahun depan.

Baca Juga:  Negosiator Tertinggi Palestina Meninggal Dunia

Al-Saeed mengatakan bahwa pada akhir tahun 2021, seluruh pemerintahan akan pindah ke ibu kota dalam bentuk barunya sebagai “Pemerintahan yang Cerdas”.

Dia menunjuk penyediaan unit rumah dan sejumlah uang yang diterima karyawan sebagai bentuk motivasi untuk mendorong mereka berpindah.

NAC terletak di area sekitar 170 ribu feddan (suatu hitungan Mesir). Fase pertama adalah sekitar 40 ribu feddan yang diatur untuk menampung lebih dari 6 juta orang, serta memberikan peluang kerja lebih dari 2 juta orang. (dzk)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here