MGTC Kolaborasi dengan RHB Islamic Bank Luncurkan Program Rumah Ibadat Hijau

45
Program Rumah Ibadat Hijau
Acara Penandatanganan MoU Program Masjid Hijau oleh MGTC dan RHB Islamic Bank. (Foto: themalaysianreserve.com)

Madania.co.id, Malaysia- Pusat Teknologi Hijau dan Perubahan Iklim Malaysia (MGTC) menandatangani MoU dengan RHB Islamic Bank Bhd untuk Program Rumah Ibadat Hijau (Masjid Hijau) dan Dukungan Inisiatif Pertumbuhan.

MoU tersebut menekankan terkait insentif dan sertifikasi penghijauan, layanan konsultasi dan pembangunan kapasitas, serta investasi dan pembiayaan penghijauan, juga promosi kampanye.

Masjid dan rumah Ibadat lainnya telah dipilih menjadi model yang efisien untuk inisiatif Rumah Ibadat Hijau, yang digagas untuk program Masjid Hijau pada 25 september lalu.

Dilansir The Malaysiaan Reserve (01/12/20), Menteri lingkungan dan Air (KASA), Datuk Seri Tuan Ibrahim Tuan Man yang menyaksikan upacara penandatanganan ini mengatakan hal ini bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan di tingkat masyarakat.

“Hal ini dapat dilakukan melalui praktik hemat energi, konsumsi air, pengelolaan limbah yang tepat, serta pembelian dan penggunaan produk teknologi penghijauan,” katanya dalam acara di Putrajaya kemarin.

Ia mengatakan semua pihak harus menekankan agenda lingkungan hidup yang berkelanjutan dan kerja sama seperti ini harus terus diterapkan.

“Saya mengimbau semua sektor, baik publik maupun swasta, untuk merencanakan dan meniru program-program yang memberikan nilai positif kepada masyarakat setempat dan lingkungan sekitar,” tambahnya.

Setelah proyek ini, semua lembaga dan departemen di bawah KASA telah memilih 12 tempat ibadah sebagai implementasi awal Program Rumah Ibadat Hijau.

KASA menargetkan 100 tempat ibadah pada 2021 mendatang yang menunjukkan bahwa proyek pembinaan dan sosialisasi gaya hidup hijau di lingkungan masyarakat harus dilakukan secara lebih sistematis dan serius.

Program ini mendorong masyarakat untuk terlibat aktif dengan cara berpartisipasi dalam kampanye ini, mengubah gaya hidup yang seperti biasanya dan berkontribusi pada Wakaf Masjid Hijau atau memberikan sumbangan kepada Rumah Ibadat Hijau.

Baca Juga:  Waspada, Hipertensi Menjadi Comorbid Covid-19 Terbanyak

Selain itu, dalam pembahasan awal dengan MGTC, agensi KASA dan pusat keagamaan yang dipilih sedang melaksanakan program dan tergantung pada kesesuaian situasi pandemi saat ini. (dzk)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here