Musim Hujan dan Anomali Cuaca

143
Cuaca Ekstrem.
Cuaca Ekstrem.

LANGIT tampak gelap, rintik-rintik hujan mulai turun, pengendara motor segera menepi guna menggunakan jas hujan yang mereka simpan di bagasi motor, dan lekas melanjutkan perjalanan dengan menembus kepungan air yang turun dari langit.

Menembus Awan Hitam.
Menembus Awan Hitam.
Menggunakan Jas Hujan.
Menggunakan Jas Hujan.

Menghadapi musim hujan sudah menjadi hal biasa bagi sebagian warga, seperti pepatah “sedia payung sebelum hujan”, sudah seharusnya warga mempersiapkan segala sesuatunya guna tetap melanjutkan rutinitas sehari-hari meski cuaca tidak bersahabat.

Sedia Payung Sebelum Hujan.
Sedia Payung Sebelum Hujan.

Kesehatan, tentu menjadi hal utama dalam menunjang aktivitas, menggunakan jaket maupun baju hangat menjadi hal yang wajib dipakai dikala musim hujan. Selain jaket, payung menjadi barang penting untuk dibawa selama aktivitas di musim hujan.

Jaket Tebal.
Jaket Tebal.

Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan berdasarkan hasil pemantauan, perkembangan musim hujan hingga menjelang akhir Desember 2020 menunjukkan bahwa sebanyak 85 persen zona musim (ZOM) di wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan.

Percikan Air Hujan.
Percikan Air Hujan.

Musim hujan yang akan terjadi selama berbulan-bulan kedepan tentu akan menimbulkan dampak bagi lingkungan, dampak negatif maupun dampak positif. Dampak negatifnya akan terjadi banyak banjir diberbagai tempat, hal paling buruk lainnya yakni timbulnya longsor.

Banjir.
Banjir.

Lingkungan hidup yang semakin rusak mengakibatkan bencana disetiap musim, kebanjiran dikala musim hujan dan kekeringan dikala musim kemarau. Dampak positif pada musim hujan yakni tercukupinya kebutuhan air, diantaranya sawah tidak akan kekeringan.

Kebutuhan air terjaga.
Kebutuhan air terjaga.

Alam memang tidak bisa diprediksi, kita selaku manusia yang hidup dimuka bumi hanya bisa mempersiapkan diri dengan apa yang akan terjadi kedepan, tetap waspada. Salah satu cara agar tetap aman dari bencana tentu kita harus bersahabat dengan alam dengan cara merawat dan melestarikan lingkaran hidup. (Madania.co.id / Ridwan)

Baca Juga:  Menjelang Musim Hujan, BPBD Petakan Daerah Rawan Bencana di Jawa Barat

Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here