Patung Mini dari Cibeusi yang Mendunia

225
Produksi Kerajinan Patung Minimal
Perajin membuat patung mini jenis tanimbar dengan bahan baku korek api di Jalan Pengrajin, Desa Cibeusi, kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Senin (5/11/2020).

Madania.co.id, Bandung – Hasil karya yang istimewa, tidak selalu harus dilahirkan dari sebuah gagasan atau ide yang menguras pikiran. Namun, adakalanya gagasan yang brilian muncul dari iseng saja.

Seperti Hendri (38) seorang seniman patung asal Cibeusi, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, yang membuat karya istimewa berupa patung berukuran mini yang sudah dipasarkan ke Jepang, Malaysia dan Singapura.

Baca Juga:  Sama-Sama Menggambarkan Rasa Takut, Ini Perbedaan Istilah Fobia dan Trauma

Bertahun-tahun membuat seni ukir khususnya patung, membuat dia sedikit jenuh, sehingga dia iseng-iseng mengukir kayu bekas pahatan patung yang sedang dikerjakannya.

“Awalnya iseng-iseng saja, membuat patung mini buat cari variasi barus saja dan ternyata berhasil,”tutur Ujang ketika ditemui, Kamis(5/11/2020).

Untuk membuat patung tanibar dengan berbahan baku korek api dan sonkeling berukuran mulai 2 mm hingga 2 cm membutuhkan alat bantu lain seperti pinset kaca pembesar dan lidi untuk menegakan kayu yang akan dijadikan patung mini karena ukurannya super kecil.

Baca Juga:  Pengelola Bioskop Ajukan Ijin Kembali Beroperasi

Hendri menjelaskan, karena bentuknya yang kecil, kedetilan dari patung mini tidak bisa terlihat jelas dengan mata telanjang. Kaca pembesar menjadi wajib dipakai untuk bisa melihat hasil karya tersebut.

Patung-patung mini hasil karya Hendri ada beberapa bentuk, baik model binatang maupun manusia.

“Patung mini saya istimewakan, memang saya jual, tapi tidak mematok harga, bagaimana orang yang mau membelinya saja,”ujarnya.

Baca Juga:  Covid Membuat Usaha Kedai Kopi Makin Pahit

Hendri mengungkapkan, lebih dari seribu buah patung mini dibuat sampai sekarang dengan harga Rp150.000 sampai Rp300.000 tergantung tingkat kesulitannya. (rar)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here