Pemkot Bandung Lakukan Penghijauan di Kawasan Hulu

30
Kegiatan penanaman pohon di Blok Garung Kanhay Bike Park. (Adinda)

Madania.co.id, Bandung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menanam sebanyak 2.018 pohon di kawasan Blok Garung, tepatnya di Kanhay Bike Park yang terletak di Kelurahan Palasari Kecamatan Cibiru pada Selasa 12 Januari 2021.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulayana turut menanam ribuan pohon tersebut bersama Satgas Citarum Harum Sektor 22, Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Dinas Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3), dan juga warga sekitar.

Sejumlah pohon yang ditanam meliputi pohon albasia, karet, katapang dan kopi. Penanaman pohon tersebut merupakan salah satu upaya meningkatkan daerah resapan air di kawasan Bandung Timur.

“Mudah-mudahan melalui peringatan ini (Hari Sejuta Pohon), bisa menjadi salah satu upaya kita mengurangi dampak lingkungan dan banjir khususnya di Kota Bandung. Mudah-mudahan daerah serapan air di wilayah utara bisa semakin baik,” ujar Yana kepada wartawan di Kanhay Bike Park.

Yana berharap, penanaman pohon tersebut bisa berkelanjutan. Mengingat manfaatnya sangat besar terhadap perbaikan lingkungan.

“Insyaallah kita akan terus lakukan. Penanaman ini sudah sejak tahun lalu. Sangat banyak yang memberikan dukungan,” akunya.

Yana memastikan, Pemkot Bandung berupaya menanam pohon di sejumlah daerah. Di antaranya di kawasan Mbah Celeng, Mbah Garut dan Cisurupan.

Pada kesempatan yang sama,Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung Didi Ruswandi mengungkapkan, penanaman pohon menjadi salah satu solusi untuk mencegah terjadinya bencana banjir di Kota Bandung.

Mengingat keberadaan pohon mampu menyerap air yang mengalir dari hulu ke hilir. Sehingga air tidak meluap ke aliran sungai yang ada di Kota Bandung. Selain itu, DPU Kota Bandung juga memanfaatkan teknologi untuk memperluas kapasitas resapan. Salah satunya melalui sumur resapan di pemukiman.

Baca Juga:  Calon Wakil Bupati Bandung No Urut 1 Sowan kepada Tokoh Jawa Barat, Begini Pesan Kang Tjetje

“Bahwa sudah ada pandangan yang sama antara eksekutif dan legislatif (DPRD Kota Bandung) untuk mengatasi banjir itu dengan resapan dan memarkir air,” ungkapnya. (ats)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here