Petinggi Sunda Empire Divonis 2 Tahun Penjara

37
Terdakwa petinggi Sunda Empire. (Istimewa)
Terdakwa petinggi Sunda Empire. (Istimewa)

Madania.co.id, Bandung – Sidang tiga terdakwa petinggi Sunda Empire yakni Nasri Banks, Raden Ratna Ningrum, dan Ki Ageng Ranggasasana, kembali digelar di Pengadilan Negeri Bandung, Jalan R.E. Martadinata, Kota Bandung, Selasa (27/10/2020).

Pada sidang beragendakan putusan tersebut, ketiga terdakwa divonis dua tahun hukuman penjara oleh majelis hakim. Diketahui, putusan tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa yang sebelumnya menuntut empat tahun penjara.

“Mengadili terdakwa satu Nasri Banks, terdakwa dua Raden Ratna Ningrum, dan terdakwa tiga Ki Ageng Ranggasasana terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana menyiarkan berita bohong,” ujar Ketua Majelis Hakim Benny Eko Supriyadi.

“Menjatuhkan pidana terhadap tiga terdakwa pidana masing-masing dua tahun,” tambahnya.

Sementara itu, terkait hal memberatkan dan meringankan, majelis hakim menilai hal yang memberatkan yakni diantaranya perbuatan para terdakwa telah meresahkan masyarakat terutama masyarakat Sunda.

Sedangkan, hal yang dinilai meringankan putusan, ketiganya bersikap sopan selama sidang dan tak pernah dihukum.

“Yang meringankan terdakwa bersikap sopan, belum pernah dihukum, para terdakwa memiliki gagasan untuk menciptakan perdamaian dunia,” tutur Benny.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya tiga terdakwa dituntut empat tahun kurungan oleh jaksa. Mereka dinilai bersalah telah menyiarkan berita bohong.

Kasus Sunda Empire berawal saat terdakwa Nasri Banks pada 2003, membaca sejarah yang tidak benar sumbernya mengenai Sunda Empire dan mengklaim jika istrinya yakni terdakwa Rd Ratnaningrum merupakan keturunan Alexander The Great.

Jaksa menyatakan, berdasarkan keterangan dari para terdakwa, kekaisaran Sunda Empire ini didirikan oleh Alexander The Great yang mana berdasarkan pengakuan terdakwa, Raden Ratna Ningrum, merupakan keturunan atau penerus dari Alexander The Great yang memiliki kekuasaan seluruh dunia.

Jaksa juga menyatakan kelompok Sunda Empire kerap menggelar beragam acara pada tahun 2019. Beberapa kegiatan yang dilakukan di Bandung itu direkam dan diunggah ke media sosial Sunda Empire dengan nama Alliance Press International dan disebarluaskan.(mrf)

Baca Juga:  Kasatpol PP Jabar: Perlu Kecerdasan dalam Tindakan dan Kebijakan

Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here