Ratusan Lansia di Kota Bandung Terpapar Covid-19

41
Ilustrasi Lansia Terpapar Covid-19. (Alodokter)

Madania.co.id, Bandung – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung membeberkan 384 orang lanjut usia (lansia) yang terpapar virus korona sejak kemunculannya pada Maret 2020 lalu.

Kepala Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Lansia (DP3APM), Sekar Puja Widayanti mengatakan, sebagian besar lansia yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut diduga terpapar dari anggota keluarga yang beraktivitas di luar rumah dan tida menerapkan protokol kesehatan setelah melakukan aktivitas tersebut saat tiba di rumah.

Kebanyakan dari keluarga, karena kebanyakan (lansia) tetap di rumah. Tapi anggota keluarga kebanyakan di luar rumah, anaknya, cucunya. Lansia itu kondisi kesehatannya sudah rentan, lebih mudah terpapar,” kata Sekar di Balai Kota Bandung, Rabu (25/11/2020).

Dia mengungkapkan, dari total kasus konfirmasi yang terdapat di laman Informasi Covid-19 (Pusicov) Kota Bandung, 13 persen diantaranya merupakan lansia. Sementara total jumlah lansia di Kota Bandung yang terdata hingga tahun 2019 mencapai 294.178 Orang

13 persen dari total kasus terkonfirmasi. Kebanyakan dari keluarga, karena lansia tetap ada di rumah dan anggota keluarga ada yang keluar rumah,” katanya.

Sekar mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk memberikan perlindungan terhadap lansia, khususnya di masa pandemi covid-19. Menurutnya, saat ini DP3APM telah melakukan kerjasama dengan relawan dan sahabat lansia yang ada di setiap kecamatan untuk menyosialisasikan protokol kesehatan.

Kami punya sahabat lansia yang ada di seluruh kecamatan, sosialisasi door to door melihat kondisi lansia di wilayah masing-masing,” ungkapnya.

Mengingat kondisi lansia yang rentan terpapar Covid-19, Sekar juga mengimbau agar para lansia untuk tetap melakukan aktivitas di dalam rumah. Selain itu, keluarga juga memiliki peran yang sangat penting agar terhindar dari paparan virus korona.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Tetapkan 12 Desember sebagai Hari Pencak Silat Jabar

“Kita kerjasama dengan berbagai pihak untuk sosialisi prokes, kita juga mengingatkan agar para lansia untuk tetap beraktivitas ringan, olahraga di rumah, dan memberikan gizi yang cukup bagi lansia,” pungkasnya. (ats)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here