Ridwan Kamil Tandatangani Pergub Sanksi Administratif Pelanggar Protokol Kesehatan

200
Ridwan Kamil Tandatangani Pergub Sanksi Administratif Pelanggar Protokol Kesehatan
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Selasa (28/7/20). (Foto: Rizal/Humas Jabar)

Madania.co.id Bandung – Sanksi administratif bagi masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan secara resmi akan diberlakukan di Jawa Barat.

Hal tersebut ditandai dengan ditandatanganinya Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 60 Tahun 2020 tentang Pengenaan Sanksi Administratif Terhadap Pelanggaran Tertib Kesehatan Dalam Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dan Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Penanggulangan covid-19 di Daerah Provinsi Jabar oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil  pada Senin, (27/7/2020).

Baca Juga:  Jaring Ered, Alternatif Nelayan Mencari Ikan

Ia menyebutkan, sanksi administratif berdasarkan Pergub Nomor 60 Tahun 2020 tidak hanya berlaku secara individu, melainkan berlaku juga untuk pemilik, pengelola atau penanggung jawab kegiatan usaha.

“Sanksi ini memuat ketentuan-ketentuan, baik pelanggaran di level individu maupun di level kegiatan ataupun tempat,” ungkapnya dalam jumpa pers di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Selasa (28/7/20).

Baca Juga:  Menkes Saudi: Vaksin Covid-19 Tidak Menunjukkan Efek Samping yang Tak Terduga

Berkaitan dengan kegiatan dan tempat, ia menambahkan, Pergub tersebut berlaku juga untuk pelanggaran di tempat kerja, tempat pariwisata, transportasi dan kegiatan sosial budaya.

“Sanksi itu mencakup kalau ada kegiatan resepsi yang melanggar itu disanksi,” ujarnya.

Pemberlakuan sanksi administratif RK menjelaskan akan diterapkan secara bertahap, imulai dari sanksi ringan, sedang hingga berat. Sanksi ringan terdiri atas teguran lisan dan teguran tulisan. Sanksi sedang meliputi jaminan kartu identitas, kerja sosial, dan pengumuman secara terbuka. (ibm)

Baca Juga:  Kapolri Ingatkan Masyarakat Jika Saat Ini Masih Pandemi

Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here