Simak Tips Kuliah dan Berkarir di Luar Negeri Bagi Para Pencari Beasiswa

832

MENDAPATKAN kesempatan untuk belajar dan berkarir di luar negeri merupakan impian banyak orang. Tak jarang orang-orang membuat rencana untuk belajar dan memiliki karir di luar negeri untuk mendapatkan pengalaman dan meningkatkan taraf kehidupan menuju yang lebih baik. Biasanya beasiswa menjadi jalan yang ditempuh banyak orang untuk mencapai keinginan tersebut.

Saat ini banyak negara-negara yang memberikan beasiswa kepada para pelajar yang ingin belajar dan berkarir di luar negeri dengan berbagai program yang ditawarkan. Informasi mengenai beasiswa dapat diakses dengan mudah melalui website yang disediakan oleh negara dan kampus yang dituju. Walaupun begitu, diperlukan tips-tips dan perencanaan yang matang untuk meraih beasiswa yang diincar.

Melalui Webinar ‘Apa Kata Mereka Tentang Kuliah dan Karir di Luar Negeri’ yang diadakan oleh Hima Jurnalistik dan Hima Humas UIN Sunan Gunung Djati Bandung, berikut tips untuk meraih beasiswa di luar negeri :

1. Niat dan Tekad yang Kuat
Pastikan anda memiliki niat dan tekad yang kuat, sebelum memulai untuk memulai mencari beasiswa. Walaupun terlihat kecil, namun hal ini menjadi poin terpenting dalam mencari beasiswa. Seperti disampaikan oleh Nazilatus Syiam, alumni Ilmu Komunikasi Humas UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang menjadi penerima beasiswa daerah NTB untuk belajar di Polandia. Ia mengatakan perlu memiliki niat dan tekad yang bulat untuk mencari ilmu, bukan untuk gengsi semata. Karena niat ini yang akan mengantarkan seseorang untuk terus berjuang mendapatkan beasiswa.

2. Cari Tahu Informasi Beasiswa dengan Detail
Ketidaktahuan mengenai universitas dan negara yang dituju mengharuskan seseorang untuk mencari banyak informasi. Seperti informasi negara yang dituju, informasi kampus dan jurusan, dan informasi mengenai beasiswa itu sendiri. Informasi mengenai berkas-berkas yang diperlukan pun perlu diperhatikan dengan detail karena hal tersebut penting pada saat proses pendaftaran beasiswa.

Baca Juga:  Tak Hiraukan Protokol Kesehatan, Wisatawan Padati Pantai Pangandaran

3. Bangun Relasi dan Jaringan
Relasi dan jaringan diperlukan untuk mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan informasi mengenai beasiswa. Hal ini disampaikan dalam webinar oleh Alumni Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Djuli Pamungkas yang mendapatkan kesempatan untuk menjadi relawan Fotografer Homeless Worldcup Foundation. Pintar dalam membangun relasi membuka kemungkinan besar seseorang untuk mendapatkan beasiswa dimanapun. Relasi dan jaringan tidak hanya personal tetapi juga bisa dilakukan dengan konsep saling menguntungkan dalam bidang yang dituju.

Mendapatkan beasiswa memang tidak mudah, tetapi dengan berusaha dan terus mencoba membuat anda berpengalaman dan memahami bagaimana mengikuti alur dalam mengajukan beasiswa. Selamat berjuang! (Fantria)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here