Ini Dia,Situs Penyedia Gambar Digital Gratis

248

Situs Penyedia Gambar Digital Gratis

Madania.co.id – Mengambil gambar digital dari internet jadi salah satu cara instan untuk memenuhi kebutuhan visualisasi yang mendukung. Baik itu untuk sebuah karya tulis, penelitian, atau semata untuk dijadikan sarana hiburan berbagi status di media sosial.

Disadari atau tidak ternyata tidak semua gambar digital yang tersedia di internet dapat kita gunakan secara gratis. Sebab, bisa jadi gambar digital atau foto yang kita gunakan memiliki lisensi yang memerlukan izin dari penciptanya.

Mengambil gambar digital dari internet dengan tujuan untuk komersil merupakan suatu perbuatan ilegal dan melanggar hukum. Di Indonesia terdapat Undang-Undang yang mengatur lisensi karya digital, sehingga suatu karya dapat dilindungi. Hal tersebut diatur dalam Undang-Undang Hak Cipta.

Baca Juga:  Driver Ojol Nilai Penutupan Jalan Protokol di Kota Bandung Merepotkan

Undang-Undang Hak Cipta memberikan sejumlah hak eksklusif kepada pencipta untuk melakukan perbanyakan, pengumuman, perubahan dan lain sebagainya sesuai dengan apa yang ia kehendaki. Hak ekslusif tersebut termasuk kebijakan pencipta untuk membatasi atau melarang pihak lain untuk menggunakan gambar digital yang ia ciptakan.  (pasal 12 ayat 1 UUHC)

“Mengambil gambar digital untuk menghiasi blog, digunakan sebagai materi promosi, atau melakukan perbanyakan merupakan contoh dari pelanggaran terhadap Undang-Undang Hak Cipta”. Ujar Lucky Setiawati seorang Advokat dan Konsultan HKI dilansir dari Hukum Online.com

Baca Juga:  Patuhi Larangan Mudik, Ini Imbauan Ketua DPRD Kabupaten Bandung

Untuk mencegah adanya pelanggaran hak cipta, alangkah baiknya jika kita menggunakan gambar digital yang tersedia secara gratis. Bebeberapa situs menyediakan gambar digital secara gratis dan tidak memerlukan izin dari pencipta karya tersebut. Adapun gambar digital tersebut dapat kita peroleh dari tiga situs berikut ini.

1. PIXABAY

Pixabay merupakan komunitas kreatif yang menyediakan konten berupa gambar dan video secara gratis yang dapat digunakan siapa saja. Gambar yang tersedia di pixabay dapat kita unduh dalam bentuk JPG dan memiliki beberapa resolusi gambar yang berbeda beda.

Pixabay.com
Cover Situs Pixabay.com

2. PEXELS

Pexel merupakan situs yang menyediakan foto dengan kualitas tinggi berlisensi pexels yang sepenuhnya gratis. Pexels ini didirikan pada tahun 2014 oleh Bruno Joseph dan Ingo Joseph dengan visi untuk memudahkan kreator dalam membuat produk dan desain diseluruh dunia. Nantinya para kreator yang memerlukan stok foto dapat mendownloadnya secara grtis dan setiap harinya akan ada update foto terbaru.

Baca Juga:  Jejak Peninggalan Bosscha di Malabar
Pexels
Cover Situs Pexels.com

3. UNSPLASH

Unsplash merupakan situs penyedia stok fotografi gratis yang dilisensikan oleh Creative Commons Zero. Unsplash ini biasanya menambahkan gambar baru setiap 10 hari. Pada umumnya menampilkian gambar-gambar pemandanngan dengan tema berwarna redup.(IM)*

Unsplash


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here