Temuan Polling, Islamofobia Terus Terulang di Inggris

30
Partai Konservatif (Tories)
Partai Konservatif (Tories). (Foto: theguardian.com)

Madania.co.id, Inggris – Hasil poling Islamofobia di Inggris, hampir setengah anggota partai Konservatif (Tories) percaya Islam sebagai ancaman bagi gaya hidup orang British.

Dilansir theguardian.com (30/9/20), lebih dari sepertiga Tories melakukan penyerangan dan teror terhadap muslim, hal ini telah melukiskan kebencian di antara komunitas-komunitas muslim di Britania.

Sedikitnya enam dari sepuluh orang beranggapan ada daerah terlarang di British di mana hukum syariah menguasai wilayah itu yang akhirnya melarang non-muslim singgah ke sana.

Hal ini pun berdampak bagi Muslim British lainnya karena adanya daerah terlarang itu.

Lalu hasil survey Hope not Hate, selaku organisasi antirasisme berpendapat bahwa anggota Tories berpotensi lebih reaksioner terhadap Muslim ketimbang orang-orang umum.

Salah satu bentuk atraktif mereka dengan mengklaim bahwa Islam adalah sebuah ancaman.

Hasil jajak pendapat YouGov dari 1,213 anggota Tories ditemukan 60% nya tidak mengindahkan keberadaan Muslim. Hal ini setara dengan enam dari 10 anggota menolak keberadan Islam.

Mereka memberi nilai tentang perasaan mereka terhadap agama minor di British. Mereka hanya memberi skor 50% kebawah dari sekala 100%.

Dari penilaian mereka, ditemukan 20% kebawah menolak keberadaan Islam dengan perlakuan diskriminatif. Sedangkan pada agama Hindu dan Yahudi hanya ditemukan 3% saja.

Islamofobia yang Mengakar

Sayeeda Warsi, mantan ketua partai konservatif atas temuan itu ikut ambil suara, “Hasil poling ini merupakan bukti bahwa partai tersebut benar-benar memiliki masalah dengan rasisme terhadap kaum muslim.”

“Hal ini terus meningkat sejak tahun 2015. Sikap acuh partai akan masalah ini membuat isunya menjadi serius sehingga wacana ini semakin berkembang di tataran sosial. Oleh karena itu, budaya ini harus dihentikan,” tambahnya.

Baca Juga:  Bintang Sepak Bola, Mohamed Salah, Bantu Tunawisma dari Sebuah Pelecehan

Seorang juru bicara MCB berpendapat, “Selama bertahun-tahun, kami khawatir atas  Islamofobia yang mengakar di partai konservatif.”

Dewan Muslim Inggris/Muslim Council of Britain(MCB) merinci lebih dari 300 kasus Islamofobia oleh aktivis Tories, anggota dewan dan penasihat politik.

Maka pemungutan suara ini, ditambah dengan dokumen MCB yang berisi lebih dari 300 kasus Islamofobia merupakan bukti lebih lanjut bahwa Islomofobia sudah ditanam secara institusional, sistemik dalam budaya partai konservatif.(dzk)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here