Terkendala Dana, DPKP3 Targetkan Rudet Tahap 1 Rampung Februari 2021

31
Reruntuhan Tamansari yang akan dijadikan Rumah Deret. (Medcom.id)

Madania.co.id, Bandung – Kepala Bidang Perumahan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, Nunun Yanuati, mengatakan, pembangunan rumah deret (rudet) tahap 1 Tamansari mulai berjalan sejak akhir September 2020.

Pembangunan tahap 1 ini, lanjutnya, meliputi pemasangan pondasi dan sebagian struktur bangunan yang ditargetkan selesai Februari 2021.

Menurut dia,, pembangunan rudet ke depan akan mendahulukan pembangunan masjid.

“Sampai saat ini kita sedang melaksanakan pembangunan tahap 1 baru pondasi dan sebagian struktur yang dibangun,” ujar Nunun kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Selasa (20/10/2020).

Nunun menuturkan, anggaran yang disiapkan untuk pembangunan tahap 1 sebesar Rp 23 miliar terdiri atas Rp 13 miliar yang sudah digunakan dan Rp 10 miliar yang disiapkan.

“Secara keseluruhan target, jika dana ada di 2021, selesai (pondasi dan struktur) bisa langsung mengerjakan  198 rudet  di lokasi tersebut,” ucapnya.

Ia mengungkapkan,  kendala yang tengah dihadapi dalam proses pembangunan saat ini, adalah nggaran yang  terkena rasionalisasi untuk  covid-19.

Oleh karena itu, pihaknya menyesuaikan target dengan anggaran yang tersedia.

“Tadi ada beberapa hal tidak sesuai rencana, pondasi dan struktur (sesuai rekomendasi) ada beberapa perubahan desain mengikuti kontur tanah dan ada permasalahan biaya karena covid-19 dan ada kendala sosial, ada warga yang masih bertahan, yang sepakat dari 198 KK sisanya hanya 13 kk yang masih bertahan lainnya sudah setuju,”ujarnya.

Menurut Nunun, dokumen izin mendirikan bangunan (IMB) sudah keluar pada 12 September lalu. Sedangkan sertifikat tanah masih dalam proses pengerjaan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Beberapa hari terakhir, Nunun mengatakan pihaknya turut meminta bantuan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung untuk menertibkan tiga bangunan semi permanen yang berdiri di lahan proyek pembangunan  deret.

Baca Juga:  HUT Ke-75 Jabar, Ketua DPRD: Harus Dijadikan Refleksi Bersama

Ia mengatakan, jika lancar sesuai rencana maka pembangunan rudet dapat selesai sesuai target.

“Setelah dilihat di lapangan ada bangunan yang dibangun tapi tidak berizin kami minta membersihkannya,” pungkas dia.(ats)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here