Tetaplah Belajar Sabar

423

Oleh Dr. Dudy Imanuddin Effendi, M.Ag

Sabar bersama manusia-manusia pilihan dalam menyeru kepada jalan Rabb adalah  perilaku sehat. Dalam sebuah wasiat alqur’an, sabar adalah inti kesehatan bagi seorang mukmin.      

SABAR tak tergoda kedua mata oleh tawaran gemerlap kehidupan dunia, sabar tak terbawa arus oleh orang-orang yang melupakan dzikir kepada Allah, dan sabar tak terjerumus mengikuti orang-orang yang menuhankan hawa nafsu lagi melampaui batas.

Saat dihina, dicemooh, dan dicaci maki oleh manusia-manusia yang tak mau mengenal Rabb serta menihilkan nilai-nilai fitrah kemanusiaan, tetap sabar dengan menyikapinya penuh gerakan dan senyuman yang indah, dan manis.

Sabar dalam membalas segala perilaku kejahatan dengan kebaikan. Tak mudah merespon secara tergesa-gesa dan membabi buta. Tetap tenang dan siaga dalam wujud kehati-hatian.

Saat diuji dalam medan perjuangan tetap sabar. Sabar yang didasari sikap tidak khawatir, tidak takut, dan tidak mundur ke belakang. Tetap sabar di garda terdepan dalam melakukan upaya-upaya perbaikan yang bisa menyelamatkan segenap manusia, di dunia dan di akhirat.

Saat diberikan kelebihan anugerah, tetap sabar dengan diiringi perilaku merundukkan hati, tak membusungkan dada saat keluar bersentuhan dengan sesama manusia. Tak mudah merendahkan martabat orang lain. Tetap santun dan lembut dalam menyuarakan setiap kebenaran pada semua strata sosial kemanusiaan.

Sabar adalah inti kesehatan. Dengan sabar mampu melepaskan penyakit paranoid, halusinasi, dan split personality yang terkadang melekat pada manusia-manusia yang tergesa-gesa, gegabah, tak teliti, dan dihinggapi ke-aku-an yang akut.

Sabar adalah inti kesehatan. Tetap mendayung di atas perahu kebenaran walaupun dikepung gelombag ombak yang sangat dahsyat. Orang-orang yang sabar adalah mereka yang memahami proses sebagai bagian terpenting gerak hidup, dan yakin bahwa hasil dari setiap proses yang dilakukan adalah bagian dari kehendak mutlak Allah. ***

Baca Juga:  Ini Dia Syarat Muslim Menuju Keselamatan

Penulis, Ketua Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here