Tiga Dusun di Kabupaten Bandung Terendam Banjir Setinggi Setengah Meter

46
(dok BPBD Jabar)
(dok BPBD Jabar)

Madania.co.id, Bandung – Sejumlah tiga dusun di Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, pada Sabtu (24/10/2020), sekitar pukul 15.30 WIB, terendam banjir dengan ketinggian air mencapai setengah meter.

Diketahui, tiga dusun yang terdampak banjir tersebut diantaranya meliputi Dusun Cinangka, Dusun Cikopo dan Dusun Karasak. Selain itu, warga terdampak banjir tersebut berjumlah sekitar 152 KK (Kepala Keluarga) dengan 462 Jiwa.

Manager Pusat Pengendalian Operasi BPBD Jabar Budi Budiman menduga banjir tersebut terjadi karena intensitas hujan yang tinggi.

“Hujan dengan intensitas deras di daerah tersebut yang cukup lama, dan kurangnya serapan diatas gunung sehingga air yang masuk ke irigasi membawa lumpur ke pemukiman, drainase tersumbat oleh sampah pohon dan sedimentasi saluran irigasi sekunder,” ujarnya, melalui keterangan tulis yang diterima, Minggu (25/10/2020).

Ia memaparkan, pihaknya telah melakukan upaya penanganan dengan cara memantau dan melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung, agar segera melakukan tindakan.

“BPBD Kabupaten Bandung melakukan assessment ke lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan aparat desa setempat,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada, khususnya saat turun hujan di wilayah-wilayah rawan terkena banjir.

Sementara itu, saat berita ini ditulis, banjir di lokasi telah surut. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. (mrf)

Baca Juga:  Dewi Tanjung Laporkan Rekan Sesama Partainya ke Polrestabes Bandung

Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here