Tunisia dan Qatar Usulkan Konferensi ‘Islam Barat’

33
Islam Barat
Presiden Tunisia Mengusulkan ‘Konferensi Islam-Barat’ saat Kunjungan Tiga Hari ke Doha. (Foto: english.alaraby.co.uk)

Madania.co.id, Qatar- Presiden Tunisia, Kais Saied dan Presiden Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani berupaya mengusulkan dialog antara Muslim dan Barat dalam sebuah kunjungan ke Doha pada minggu (15/11/20).

The New Arab mengatakan Senin (16/11/20) di laman twitternya bahwa Presiden Tunisia dan Qatar akan berusaha untuk mempromosikan dialog antara Muslim dan Barat guna mencegah reaksi anti-Muslim yang diakibatkan serangan ekstremis.

Dilansir Africa News (17/11/20), inisiatif itu tampaknya menjadi tanggapan atas pernyataan Presiden Perancis, Macron bahwa “Islam dalam krisis” juga menyusul sejumlah serangan yang terjadi di negeri itu.

Bulan lalu, Macron juga mengungkapkan rencananya untuk mempertahankan wilayah Perancis dan nilai-nilai sekulernya dari “radikalisme Islam”, yang memicu kritik dari seluruh dunia Muslim.

Karena isu ini membuat geram sebagian orang di seluruh dunia, termasuk Steven Evans, CEO National Secular Society mengatakan di laman twitternya bahwa yang menjadi target Emmanuel Macron adalah separatisme Islamis, radikalisme dan terorisme, seperti yang ditunjukkan Macron sendiri.

Dan hal yang menjadi korban dari kejadian ini adalah Muslim seringkali menjadi korban pertama dari ekstrimisme Islam, tambahnya.

Saied menekankan bahwa konferensi Islam Barat (Western-Islamic) tersebut bertujuan untuk mencapai pemahaman yang lebih besar mengenai Islam dan juga untuk menghindari ketidakpahaman antara Muslim dengan ekstrimis yang mengaku islam. (dzk)

Baca Juga:  Seribu Lebih Relawan Tuntas Dapat Suntikan Pertama Vaksin Covid-19

Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here