Vaksinasi Nasional, Perlu Didukung Dengan Edukasi Secara Persuasif

28
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena.
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena.

Madania.co.id, Jakarta – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena mengatakan vaksinasi CoronaVac yang dimulai hari ini perlu diikuti dengan edukasi secara persuasif oleh semua stakeholder pusat hingga daerah.

“Selain Presiden Jokowi, vaksinasi hari ini yang juga diikuti oleh para pembantu presiden, para tokoh agama, pemimpin organisasi tenaga kesehatan, para influencer,” ujarnya, dikutip dalam laman resmi dpr.go.id, Rabu (13/1/2021).

“Dengan harapan dapat memberi dorongan kepada masyarakat, untuk lebih yakin dan terlibat aktif dalam vaksinasi secara nasional,” tambahnya.

Melki menjelaskan, titik krusial vaksinasi ada pada masyarakat umum. Adapun, Hal ini mesti diatur dengan melibatkan partisipasi aktif para tokoh lintas sektor dari pusat sampai daerah, sehingga masyarakat yang memenuhi syarat dapat divaksinasi sesuai tahapan yang sudah diatur pemerintah.

Langkah yang harus dilakukan oleh pemerintah dan semua masyarakat, sambung Melki, dalam mengendalikan pandemi Covid-19 yakni mendisiplinkan pelaksanaan protokol kesehatan dengan Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan.

“Peran para tokoh masyarakat dari pusat dan daerah diharapkan secara gotong royong membantu kesadaran rakyat patuhi dan laksanakan protokol kesehatan 5M secara konsisten,” jelasnya.

“Polri, TNI dan aparat Pemda Satpol PP secara terukur memberi sanksi di lapangan bagi masyarakat yang tidak tertib dan patuh,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang menerima vaksin, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1/2021). Adapun, vaksinasi tersebut menjadi titik awal pelaksanaan vaksinasi nasional di Indonesia sebagai salah satu upaya penanganan pandemi Covid-19. (mrf)

Baca Juga:  Perwakilan Tokoh Agama Ikut Berpartisipasi pada Vaksinasi Perdana Covid-19 di Jabar

Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here