Wali Kota Bandung Tanggapi Aksi Botram Pedagang Pasar Baru

198
Para Pedagang dan Karyawan Makan Bersama di Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista). (Istimewa)

Madania.co.id, Bandung – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menanggapi aksi botram atau makan bersama yang dilakukan oleh para pedagang di Pasar Baru, tepatnya di Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista) pada Sabtu siang, 19 September 2020.

Kalau protes boleh boleh saja, saya sudah berbicara kepada gugus tugas nanti kita evaluasi,” ujar Oded kepada wartawan di Kantor UPT Pembibitan Dispangtan, Jalan Sekemala, Kota Bandung (20/9/2020).

Oded juga mengatakan selain berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung. Ia juga akan melakukan hal serupa dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

“Setelah dievaluasi oleh gugus tugas tentang buka tutup jalan itu. Saya kan juga harus ngobrol dengan pihak Forkopimpda, karena kita bersama sama menghadirkan sebuah kebijakan,” tuturnya.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Baru (HP2B), Iwan Suhermawan menjelaskan aksi tersebut merupakan bentuk kritik sosial terhadap kebijakan Pemkot Bandung yang dinilai memberatkan pedagang dan karyawan Pasar Baru.

“Kalau menurut saya mah itu teh fenonena sosial. Itu mah aksi spontan, kritik sosial mereka terhadap kebijakan yang menurut mereka sangat memberatkan,” ungkapnya.

Berdasarkan penuturan Iwan, banyak pedagang yang mengeluhkan adanya buka tutup jalan tersebut. Pasalnya, para pedagang Pasar Baru saat ini sedang berada dalam masa pemulihan setelah sebelumnya Pemkot Bandung juga turut menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Akibat dari PSBB yang berkali-kali di bulan-bulan yang lalu, itu mengakibatkan pedagang itu di pasar baru hampir 60 persen mengalami kebangkrutan. Sekarang banyak toko yang tutup, lalu penyewa juga banyak yang tidak memperpanjang kontrakan,” ujarnya.

“Di kala mereka sedang recovery, sedang berat, ditutup lagi jalan utama yang masuk ke pasar baru, makin berat,” pungkasnya. (ats)

Baca Juga:  Grup Tjiputra Haur Kuning Pangandaran Konsisten Lestarikan Seni Budaya

Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here