Wali Kota Bandung: Waspadai Penyebaran Virus Korona dalam Klaster Keluarga

46
Ilustrasi virus Corona atau Covid-19 / SpaceQ

Madania.co.id, Bandung – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengingatkan masyarakat terkait penyebaran virus korona, terutama dalam klaster keluarga. Dia mengaku sejauh ini pihaknya terus melakukan tracing kasus penyebaran covid-19 di Kota Bandung.

“Tetap ketika ada klaster–klaster muncul, jangankan klaster, ada yang kena saya instruksikan ditangani oleh gugus tugas tingkat kota sampai kecamatan,” ujarnya di Pendopo Kota Bandung, Senin (21/9/2020).

Oded sempat dihubungi oleh masyarakat bahwa terdapat satu orang di RW 7, Kelurahan Sukaraja yang terpapar covid-19 dan meminta penanganan. Pihaknya langsung menghubungi camat dan lurah untuk memberikan penanganan tersebut.

“Saya langsung koordinasi dengan camat dan lurah, langsung ditangani mereka. Bahkan dilakukan swab dan diisolasi, keluarganya (juga) di swab,” ungkapnya.

Menurut Oded, tes swab yang dilakukan terhadap orang yang melakukan kontak erat tersebut guna mengetahui pemetaan kasus penyebaran covid-19 di Kota Bandung.

“Kalau sudah ada tes terlihat apakah ada yang negatif atau positif. Kalau positif kan fungsi tes untuk tahu maping, ini ditangani dan diisolasi bukan hanya di lingkungan PNS, semuanya langsung ditangani,” tuturnya.

Oded mengungkapkan terkait isolasi mandiri yang dilakukan di rumah. Menurutnya, jika fasilitas di rumah tidak mendukung untuk isolasi mandiri, ia menyarankan untuk melakukan isolasi di rumah sakit.

“Kalau di rumah bisa disiplin silahkan, tapi kalau di rumah punten (maaf), fasilitas tidak mendukung saya anjurkan diisolasi di Rumah Sakit Kesehatan Ibu danAnak (RSKIA) Bandung dan beberapa isolasi, (sejauh ini) RSKIA belum penuh,” ucapnya.

Oded mengatakan saat ini kasus covid-19 di Kota Bandung masih terkendali. “Bandung tetap terkendali. Jangan sampai membludak, ngeri,” tandasnya.(ats)

Baca Juga:  Terapkan Protokol Covid-19, Dispangtan Batasi Pemotongan Hewan di RPH

Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here