MADANIACOID.– PT Kereta Api Indonesia (Persero) dorong sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui berbagai aktivitas promosi. Tujuanya agar dapat membuka target pasar baru.
Etalase dan E-Katalog di kereta api, jadi Strategi guna menjangkau pasar yang lebih luas untuk memasarkan produk UMKM binaan.
VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, saat ini total ada 803 mitra binaan aktif KAI. Mereka tersebar mulai dari daerah operasional Jawa dan Sumatera.
Dengan platform tersebut, calon pembeli dapat melakukan transaksi dalam partai besar mereka juga bisa membeli satuan atau ecer.
Pada tahap awal, terdapat Etalase UMKM di Stasiun Bandung dengan 46 UMKM binaan KAI yang mamasarkan produknya pada platform tersebut. Adapun Jenis produknya mulai dari makanan, pakaian, kerajinan, dan lainnya.
Calon pembeli dapat langsung melakukan scan barcode dan terhubung langsung dengan kontak mitra binaan KAI untuk melakukan transaksi pembelian.
KAI juga menyediakan e-katalog pada setiap kursi KA Jarak Jauh tertentu. Saat ini E-katalog tersebut tersedia pada KA Lodaya Malam, Turangga, Mutiara Selatan, dan Argo Parahyangan.
Dengan metode penjualan ini, calon pembeli cukup melakukan scan barcode pada e-katalog dan akan langsung terhubung dengan cloud dan nomor whatsapp UMKM binaan KAI.
Ke depan, jumlah stasiun dan KA yang menyediakan etalase UMKM dan e-katalgog dan teras UMKM untuk stasiun besar KA yaitu berupa gerai UMKM. Gerai ini guna mempromosikan dan menjual produk secara langsung.
KAI juga akan mengembangkan E-Katalog UMKM untuk mempermudah promosi dan transaksi produk-produk UMKM mitra binaan KAI.
KAI turut mendukung pengembangan masing-masing UMKM binaan dengan mengadakan berbagai kegiatan seperti event tahunan UMKM On Station and Train KAI, yaitu kegiatan berupa pameran produk UMKM mitra binaan di stasiun.
Pada Maret lalu, KAI juga mengikutsertakan mitra binaan pada event “The 22nd Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) Tahun 2022” di Jakarta Convention Center (JCC).
Dalam acara ini, KAI mengikutsertakan mitra binaan pada program sertifikasi Brand Operation BNSP serta berbagai program lainnya yang dapat meningkatkan kualitas produk dan memperluas pangsa pasar UMKM binaan KAI.
Sebagai salah satu pendorong perekonomian nasional, KAI terus memberikan dukungan terhadap kemajuan UMKM-UMKM di wilayahnya. KAI yang juga merupakan BUMN terus hadir dalam rangka menjadi agent of development yang tidak hanya mementingkan bisnisnya tapi turut serta membangun kesejahteraan masyarakat.
“Harapannya Etalase di stasiun dan E-Katalog dapat meningkatkan penjualan dan memperkenalkan produk UMKM binaan KAI kepada pasar yang lebih luas. Dengan terus pulihnya layanan angkutan penumpang, akan berimbas pada beraktivitas di stasiun dan mendapatkan informasi tentang produk-produk UMKM tersebut,” pungkasnya.
Discussion about this post