CLOSE ADS
CLOSE ADS
close
MADANIACOID
  • Berita
  • Jawa Barat
  • Nasional
  • Dunia Islam
  • Kajian
  • Gaya Hidup
  • Persib Bandung
  • Agenda
  • Radio Streaiming
Sabtu, 15 November 2025
No Result
View All Result
  • Berita
  • Jawa Barat
  • Nasional
  • Dunia Islam
  • Kajian
  • Gaya Hidup
  • Persib Bandung
  • Agenda
  • Radio Streaiming
No Result
View All Result
MADANIACOID
No Result
View All Result

Prodi Ilmu Komunikasi UIN Bandung Kupas Marketing Public Relations Partai Politik dalam Pemilu 2024

Oleh Abdul Hadi
Senin, 3 Juni 2024 - 17:15
di Berita, Headline
Prodi Ilmu Komunikasi UIN Bandung Kupas Marketing Public Relations Partai Politik dalam Pemilu 2024

MADANIACOID – Marketing Public Relations Partai Politik dalam Pemilu 2024 menjadi kupasan Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung pada  Seminar My Ilkom pada Senin (3/6/2024).

Acara yang digawangi Korps Protokoler Mahasiswa Jurusan (KPMJ) ini dilaksanakan secara offline di Aula Fakultas Dakwah & Komunikasi.

Seminar bertema “Marketing Public Relations (PR) Partai Politik dalam Pemenangan Pemilu 2024” ini menghadirkan narasumber Dr. Enjang Muhaemin, M.Ag dan Dr. Khoiruddin, M.Si. Dalam event ini juga hadir Ketua Prodi  Ilmu Komunikasi, dosen, dan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Hubungan Masyarakat (Humas) dan Jurnalistik.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Jurnalistik, Abdul Aziz Ma’arif, M.Si menegaskan, seminar ini bukan semata kewajiban untuk lebih meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai marketing public relations partai politik dalam pemenangan Pemilu 2024, tetapi juga menjadi momentum pendalaman analisis atas fakta-fakta politik yang terjadi di masa pemilu lalu.

Mendulang Dukungan

Dalam sesi seminar, Enjang Muhaemin memaparkan bahwa Marketing Public Relations (MPR) PR merupakan strategi komunikasi yang digunakan oleh partai politik untuk membangun citra, meningkatkan kesadaran publik, dan mendapatkan dukungan suara dalam pemilu. Dalam konteks inilah, bagi partai politik MPR menjadi sangat penting di dalam memenangkan pemilu.

Citra itu penting bagi para pelaku politik, terlebih bagi para bagi mereka yang dijagokan pada pemilu, baik sebagai calon presiden maupun calon anggota legislatif. Karenanya tidak aneh bila kemudian strategi komunikasi politik berlabel MPR ini menjadi tren yang gencar dipakai para pelaku politik.

Meskipun bukan hal mudah, namun strategi MPR partai politik ini dapat menjadi alat ampuh untuk membantu partai politik mencapai tujuan, dan menggolkan apa yang ditargetkan.

“Dengan strategi yang tepat, MPR partai politik dapat membantu partai politik bukan hanya di dalam membangun hubungan yang kuat dengan pemilih, tetapi juga akan mampu mendulang dukungan suara dalam pemilu,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Enjang juga memaparkan bagaimana partai politik dalam Pilpres 2024 mengoptimalkan marketing public relations dengan begitu gencar. Masing-masing capres, misalnya dipasarkan dengan menonjolkan citra dan brand tertentu, sehingga masing-masing capres memiliki kekhasan dan keunggulan tersendiri. Pemilih menjadi terpetakan terkait dengan siapa yang layak mereka pilih.

Siapa kandidat yang menonjol, tentu tergantung pada bagaimana partai politik melakukan marketing public relations secara tepat. Namun dalam dunia politik, diakui Enjang, siapa yang unggul tentu selain strategi MPR, juga ada faktor-faktor lain yang penting diperhitungkan,” tegasnya.

Push, Pull, dan Pass Marketing

Pemateri kedua Khoiruddin Muchtar menyampaikan bahwa marketing politik tidak menjamin sebuah kemenangan. Namun menurutnya, seperti dikatakan Oshaugnessy, marketing politik menyediakan sarana untuk menjaga hubungan dengan pemilih, sehingga akan terbangun kepercayaan, dan selanjutnya akan diperolehkan dukungan suara pemilih.

Dalam pemaparannya, Khoiruddin  juga menjelaskan terkait strategi marketing yang  mencakup tiga bagian, yaitu push marketing, pull marketing, dan pass marketing.

Push marketing merupakan pendekatan yang berfokus pada penyampaian pesan politik kepada pemilih secara langsung, sementara pull marketing merupakan pendekatan yang berfokus pada menarik perhatian pemilih untuk mencari informasi tentang kandidat.

“Adapun pass marketing adalah pendekatan yang berfokus pada memanfaatkan tokoh atau organisasi lain untuk menyampaikan pesan politik kepada pemilih,” tandasnya.***

Editor: Abdul Hadi
Berita terbaru dan menarik hari ini tentang Ilkom UIN BandungMarketing Public RelationsMPRPemilu 2024pilpres 2024
Previous Post

Tok! Beli LPG 3 Kilogram Wajib Gunakan KTP

Next Post

Permudah Akses Layanan Akta Kematian, Disdukcapil Hadirkan Mepeling di Kecamatan

Next Post
Permudah Akses Layanan Akta Kematian, Disdukcapil Hadirkan Mepeling di Kecamatan

Permudah Akses Layanan Akta Kematian, Disdukcapil Hadirkan Mepeling di Kecamatan

Discussion about this post

Indeks Berita

November 2025
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
« Okt    
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Bocoran 500 Istilah Tugas MOS – MPLS Terlengkap 2022

Ini Dia Bocoran 500 Istilah Tugas MOS MPLS Terlengkap

Selasa, 12 Juli 2022 - 18:41
Mantaps!, inilah 7 Aneka Makanan yang dibuat dari Umbi-umbian

Mantaps!, inilah 7 Aneka Makanan yang dibuat dari Umbi-umbian

Senin, 13 Februari 2023 - 15:30
mitos dan fakta eureup eureup

Mitos dan Fakta tentang Eureup-Eureup Saat Tidur

Sabtu, 4 Juli 2020 - 13:06
cara transkrip tanpa ngetik

Cara Transkrip Wawancara Tanpa Harus Ngetik

Selasa, 7 Juli 2020 - 17:53
Laporan Terbaik di Rakernas Lazismu 2026 di Banjarmasin

Laporan Terbaik di Rakernas Lazismu 2026 di Banjarmasin

Sejarah Pendirian Parmusi, Persaudaraan Muslimin Indonesia

Iuran BPJS Kesehatan Naik Mulai Hari Ini, Kelas I Jadi Rp150 Ribu

mitos dan fakta eureup eureup

Mitos dan Fakta tentang Eureup-Eureup Saat Tidur

Laporan Terbaik di Rakernas Lazismu 2026 di Banjarmasin

Laporan Terbaik di Rakernas Lazismu 2026 di Banjarmasin

Jumat, 14 November 2025 - 10:04
Semarak Hari Pahlawan di Sumbar, KAI Divre II Sumbar Bagikan Souvenir untuk Pelanggan

Semarak Hari Pahlawan di Sumbar, KAI Divre II Sumbar Bagikan Souvenir untuk Pelanggan

Selasa, 11 November 2025 - 06:11
Dorong Integritas, Indofarma Teken Komitmen Antikorupsi di KPK

Dorong Integritas, Indofarma Teken Komitmen Antikorupsi di KPK

Sabtu, 8 November 2025 - 18:58
Kios Khusus Hadir di Stasiun Cipeundeuy, Pedagang Diatur Rapi

Kios Khusus Hadir di Stasiun Cipeundeuy, Pedagang Diatur Rapi

Sabtu, 8 November 2025 - 16:45
  • Indeks Berita
  • Pedoman Pemberitaan
  • Redaksi
  • Tentang Kami
No Result
View All Result
  • Berita
  • Jawa Barat
  • Nasional
  • Dunia Islam
  • Kajian
  • Gaya Hidup
  • Persib Bandung
  • Agenda
  • Radio Streaiming

© 2022 MADANIACOID

slot gacor
ssh account
slot online
slot gacor hari ini

Sponsor atau Partner

  • Slot Thailand
  • Slot Server Thailand
  • Slot Gacor Maxwin
  • Slot Gacor
  • Slot online