MADANIACOID – PT Kereta Api Indonesia akan mulai memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2025 pada 1 Februari 2025. Hal itu menyebabkan jadwal perjalanan sejumlah kereta api mengalami perubahan termasuk KA Siliwangi relasi Sukabumi-Cipatat.
Manager Humasda KAI Daop 2 Bandung, Ayep Hanapi menyampaikan bagi calon penumpang kereta api yang berencana melakukan perjalanan mulai 1 Februari 2025 dan seterusnya untuk kembali mengecek waktu kedatangan dan keberangkatan kereta yang akan digunakan.
Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) merupakan sebuah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.
*_Berikut jadwal KA Siliwangi setelah diberlakukannya Gapeka 2025 yang akan mulai efektif 1 Februari 2025_*
*_KA Siliwangi Sukabumi-Cipatat Nomor KA 342_*
Stasiun Datang Berangkat
Sukabumi – 05:15:00
Gandasoli 05:27:00 05:29:00
Cireunghas 05:38:00 05:40:00
Lampegan 05:48:00 05:50:00
Cibeber 06:14:00 06:16:00
Cianjur 06:41:00 06:44:00
Ciranjang 06:59:00 07:01:00
Cipeuyeum 07:11:00 07:13:00
Cipatat 07:30:00 –
*_KA Siliwangi Cipatat-Sukabumi Nomor KA 341_*
Stasiun Datang Berangkat
Cipatat – 07:55:00
Cipeuyeum 08:11:00 08:13:00
Ciranjang 08:23:00 08:25:00
Cianjur 08:41:00 08:44:00
Cibeber 09:08:00 09:10:00
Lampegan 09:34:00 09:36:00
Cireunghas 09:44:00 09:46:00
Gandasoli 09:55:00 09:57:00
Sukabumi 10:10:00 –
*_KA Siliwangi Sukabumi-Cipatat Nomor KA 344_*
Stasiun Datang Berangkat
Sukabumi – 10:50:00
Gandasoli 11:02:00 11:04:00
Cireunghas 11:13:00 11:15:00
Lampegan 11:23:00 11:25:00
Cibeber 11:49:00 11:51:00
Cianjur 12:16:00 12:19:00
Ciranjang 12:34:00 12:36:00
Cipeuyeum 12:46:00 12:48:00
Cipatat 13:05:00 –
*_KA Siliwangi Cipatat-Sukabumi Nomor KA 343_*
Stasiun Datang Berangkat
Cipatat – 14:00:00
Cipeuyeum 14:16:00 14:18:00
Ciranjang 14:28:00 14:30:00
Cianjur 14:46:00 14:49:00
Cibeber 15:13:00 15:15:00
Lampegan 15:39:00 15:41:00
Cireunghas 15:49:00 15:51:00
Gandasoli 16:00:00 16:02:00
Sukabumi 16:15:00 –
*_KA Siliwangi Sukabumi-Cipatat Nomor KA 346_*
Stasiun Datang Berangkat
Sukabumi – 16:45:00
Gandasoli 16:57:00 16:59:00
Cireunghas 17:08:00 17:10:00
Lampegan 17:18:00 17:20:00
Cibeber 17:44:00 17:46:00
Cianjur 18:11:00 18:14:00
Ciranjang 18:29:00 18:31:00
Cipeuyeum 18:41:00 18:43:00
Cipatat 19:00:00 –
*_KA Siliwangi Cipatat-Sukabumi Nomor KA 345_*
Stasiun Datang Berangkat
Cipatat – 19:30:00
Cipeuyeum 19:46:00 19:48:00
Ciranjang 19:58:00 20:00:00
Cianjur 20:16:00 20:19:00
Cibeber 20:43:00 20:45:00
Lampegan 21:09:00 21:11:00
Cireunghas 21:19:00 21:21:00
Gandasoli 21:30:00 21:32:00
Sukabumi 21:45:00 –
Ayep menjelaskan Stasiun Cipeuyeum, Ciranjang, Cireungas, Lampegan, dan Gandasoli tidak lagi melayani penjualan tiket Go Show untuk Kereta Api lokal Siliwangi.
Sebagai alternatif, pelanggan kini dapat membeli tiket melalui Loket Box di stasiun tersebut atau menggunakan platform digital yang mudah diakses yakni aplikasi Access by KAI, website resmi www.kai.id, dan berbagai channel eksternal lainnya yang telah bekerja sama dengan KAI.
“Langkah ini diambil untuk mendukung digitalisasi layanan, mempercepat proses transaksi, dan memberikan kenyamanan kepada pelanggan dalam merencanakan perjalanan. Dengan berbagai alternatif pembelian tiket yang tersedia, pelanggan dapat mengakses layanan KAI kapan saja dan di mana saja dengan lebih praktis tanpa harus mengantre di stasiun,” imbuh Ayep.
PT KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan transportasi kereta api yang aman, nyaman, dan ramah lingkungan. Transformasi digital ini adalah bagian dari misi PT KAI untuk menghadirkan solusi perjalanan yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan di era modern.
Untuk informasi terkini mengenai jadwal perjalanan, pembelian tiket, dan layanan lainnya, masyarakat dapat mengakses aplikasi Access By KAI atau menghubungi Layanan Pelanggan melalui telepon 021-121, Whatsapp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau Media Sosial KAI 121.
“Kami mengimbau pelanggan untuk menyesuaikan pola pembelian tiket dengan kebijakan baru ini. Dengan berbagai saluran pembelian tiket yang tersedia, pelanggan tetap dapat menikmati perjalanan kereta api dengan mudah dan nyaman,” tutup Ayep.***
Discussion about this post