Bandung, madania.co.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) 2 Bandung mulai menata kawasan Stasiun Cipeundeuy, Kabupaten Garut dengan menyediakan deretan kios khusus bagi para pedagang lokal.
Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, kenyamanan pelanggan, serta menjaga kerapian lingkungan stasiun.
Kios baru tersebut ditempatkan di sisi timur stasiun dan digunakan oleh pedagang yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Cipeundeuy.
Penataan ini menjadi respons perusahaan terhadap kebutuhan ruang ekonomi masyarakat sekitar, tanpa mengganggu aktivitas penumpang dan operasional perkeretaapian.
“Kami berupaya menata area stasiun agar tetap bersih, tertib, dan nyaman bagi pelanggan. Namun di sisi lain, kami juga memahami keberadaan para pedagang sebagai bagian dari ekosistem sosial dan ekonomi di sekitar Stasiun Cipeundeuy,” ujar Manager Humas KAI Daop 2 Bandung, Kuswardojo.Sabtu (8/11/2025)
Menurut Kuswardojo, penyediaan area kios resmi memungkinkan aktivitas perdagangan berjalan lebih teratur dan aman. Selain memperindah kawasan, penataan ini juga memberi ruang usaha representatif bagi warga yang menggantungkan hidup pada aktivitas di sekitar stasiun.
KAI Daop 2 bersama Paguyuban Pedagang Cipeundeuy juga bersepakat menjaga kebersihan dan keamanan area kios.
Penataan dilakukan secara terkoordinasi agar tidak mengganggu kenyamanan penumpang, khususnya saat naik turun kereta.
“Kami berharap kolaborasi ini dapat menjadi contoh penataan yang baik antara pengelola stasiun dan masyarakat sekitar, sehingga menciptakan lingkungan yang harmonis, tertib, dan produktif,” ucapnya.
Langkah ini disebut sebagai bagian dari program berkelanjutan KAI dalam memperbaiki wajah stasiun—lebih tertib, ramah, dan mendukung pelayanan publik. KAI berharap, kebijakan tersebut dapat meningkatkan kepuasan pelanggan sekaligus memperkuat peran ekonomi lokal.***











Discussion about this post