MADANIACOID – Hingga semester I tahun 2024, LRT Jabodebek berhasil melayani 8.685.648 pengguna. Setiap bulannya pengguna LRT Jabodebek mengalami peningkatan, dengan rata-rata peningkatan 8% tiap bulannya pada periode Januari s.d Juni 2024. Adapun jumlah pengguna tertinggi pada semester I yakni pada bulan Juni yang mencapai 1.736.940 pengguna.
Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono, menyampaikan bahwa peningkatan ini menunjukkan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap LRT Jabodebek sebagai pilihan utama dalam bertransportasi sehari-hari.
“Selain peningkatan jumlah pengguna yang signifikan, LRT Jabodebek juga terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dan keselamatan pengguna. Upaya ini termasuk peningkatan keandalan operasional, penambahan frekuensi perjalanan, pengurangan waktu tunggu antar kereta, serta peningkatan fasilitas di stasiun,” kata Mahendro. Selasa 9 Juli 2024.
Mahendro menambahkan bahwa dukungan dari pemangku kepentingan, seperti Kementerian Perhubungan dalam menetapkan tarif promo LRT Jabodebek, juga menjadi faktor penting dalam meningkatnya minat masyarakat menggunakan LRT Jabodebek. Tarif promo ini memungkinkan lebih banyak masyarakat untuk menikmati layanan transportasi yang efisien dan nyaman.
Saat ini, LRT Jabodebek mengoperasikan 336 perjalanan pada hari kerja dan 260 perjalanan pada Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional. Hal tersebut didukung oleh data operasional yang menunjukkan konsistensi tingkat ketepatan jadwal atau On Time Performance (OTP) yang tinggi, dengan rata-rata:
– Januari: 94,2%
– Februari: 91,02%
– Maret: 97,4%
– April: 96,7%
– Mei: 98,3%
– Juni: 98,12%
LRT Jabodebek berkomitmen untuk menghadirkan perjalanan yang aman bagi penggunanya. Pada tahun 2024, LRT Jabodebek berhasil mengamankan 2.789 barang milik pengguna yang tertinggal di kereta maupun di area stasiun. Barang-barang yang ditemukan dan tercatat meliputi tas, perangkat elektronik, uang tunai, uang elektronik, hingga aksesoris pribadi.
“LRT Jabodebek mengingatkan para pengguna untuk selalu berhati-hati terhadap barang bawaan mereka dan memastikan tidak ada yang tertinggal sebelum turun dari kereta atau meninggalkan stasiun,” tambah Mahendro.
KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan infrastruktur transportasi di wilayah Jabodebek, serta siap menyediakan layanan transportasi yang lebih baik bagi masyarakat.
Untuk meningkatkan minat masyarakat, LRT Jabodebek juga menyelenggarakan berbagai acara, seperti pembagian kopi gratis setiap hari Senin, event tematik, dan pemberian apresiasi kepada pengguna. Inisiatif-inisiatif ini diharapkan dapat semakin mempererat hubungan antara LRT Jabodebek dan para penggunanya.
Discussion about this post