CLOSE ADS
CLOSE ADS
close
MADANIACOID
  • Berita
  • Jawa Barat
  • Nasional
  • Dunia Islam
  • Kajian
  • Gaya Hidup
  • Persib Bandung
  • Agenda
  • Radio Streaiming
Minggu, 28 Desember 2025
No Result
View All Result
  • Berita
  • Jawa Barat
  • Nasional
  • Dunia Islam
  • Kajian
  • Gaya Hidup
  • Persib Bandung
  • Agenda
  • Radio Streaiming
No Result
View All Result
MADANIACOID
No Result
View All Result

Menyingkap Pesona Enam Stasiun Tertinggi di Indonesia, Mana Faforitmu?

Oleh Denny Surya
Minggu, 6 Juli 2025 - 15:22
di Headline, Wisata
Menyingkap Pesona Enam Stasiun Tertinggi di Indonesia, Mana Faforitmu?

BANDUNG, madania.co.id — Kabut tipis menyelimuti lembah, mentari pagi menembus celah pepohonan pinus, dan suara peluit lokomotif memecah kesunyian pegunungan.

Di balik keindahan lanskap Priangan Timur, ada jalur legendaris milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung, yang menyimpan enam stasiun aktif tertinggi di Indonesia.

Tidak banyak yang tahu, bahwa enam stasiun ini bukan hanya titik persinggahan, tapi juga saksi bisu sejarah, budaya, dan dinamika geografi di Tanah Pasundan. Dari Nagreg yang mendebarkan, hingga Cimahi yang tenang, setiap stasiun menyimpan cerita sendiri.

“Enam stasiun ini bukan hanya fasilitas transportasi, tetapi juga cerminan kekayaan geografis dan sejarah Indonesia,” kata Kuswardojo, Manager Humas KAI Daop 2 Bandung dikutip, Minggu (6/7/2025)

“Kami ingin masyarakat merasakan sensasi berbeda ketika naik kereta, bukan sekadar perjalanan dari satu titik ke titik lain, tapi juga menyelami cerita di balik rel,” tambahnya.

1. Stasiun Nagreg, Di Antara Tanjakan dan Kabut Tipis

Stasiun Nagreg, berada di ketinggian 848 meter di atas permukaan laut (mdpl) menjadikannya stasiun tertinggi di Indonesia. Terletak di Kabupaten Bandung, jalur ini terkenal ekstrem dengan tikungan tajam dan tanjakan yang membuat laju kereta terasa lambat, namun penuh ketegangan. Di sisi lain jendela, terhampar pemandangan alam pegunungan dan lembah yang memesona.

2. Stasiun Lebak Jero, Stasiun Sepi yang Penting

Meski tak dilintasi KA penumpang, Stasiun Lebak Jero (818 mdpl) punya peran strategis sebagai pengatur lalu lintas kereta di jalur menantang. Terletak di jalur pegunungan yang berliku, stasiun ini sering menjadi titik persilangan KA. Suasana heningnya menyatu dengan alam, menciptakan nuansa mistis yang tak terlupakan.

3. Stasiun Cipeundeuy, Pemberhentian Wajib Nan Legendaris

Tak ada kereta jarak jauh yang tak berhenti di Stasiun Cipeundeuy (772 mdpl). Stasiun ini adalah titik pengecekan rem, penting karena jalur selepasnya penuh tanjakan dan turunan tajam. Inilah satu-satunya stasiun yang ‘memaksa’ semua kereta berhenti—baik siang maupun malam.

4. Stasiun Andir Stasiun Perkotaan yang Tinggi

Meski berada di wilayah urban, Stasiun Andir (750 mdpl) dan Stasiun Cimindi (736 mdpl) tetap menyimpan kisah. Dulu, Andir adalah tempat naik-turun penumpang kereta lokal. Kini, Cimindi menjadi simpul transportasi bagi pekerja harian dan mahasiswa, sekaligus menjadi saksi bisu geliat kota.

5. Stasiun Cimindi

Dengan ketinggian 736 mdpl, Stasiun Cimindi menjadi simpul penting dalam jalur perkotaan Bandung dan berfungsi sebagai titik pemberhentian bagi KA lokal. Selain itu di stasiun ini juga menjadi tempat transit penting para pelanggan, sehingga banyak yang naik dan turun di stasiun ini.

6. Cimahi, Stasiun Kolonial yang Tetap Eksis

Stasiun Cimahi (723 mdpl) berdiri sejak masa kolonial Belanda dan menjadi penghubung strategis wilayah militer di Cimahi. Sampai hari ini, ia melayani KA lokal dan menjadi titik transit feeder kereta cepat Whoosh, tanpa kehilangan nilai sejarahnya.
KAI Daop 2 Bandung menyadari potensi wisata dari jalur-jalur tinggi ini.

Pemandangan memukau, sejarah panjang, serta pengalaman perjalanan yang tak biasa menjadi nilai lebih yang bisa dinikmati pelanggan.

“Kami terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan komunitas untuk menjadikan jalur ini sebagai daya tarik wisata unggulan,” ujar Kuswardojo.

Sensasi perjalanan dengan kereta melintasi jalur-jalur tinggi dan berkelok ini semakin menggoda, terutama bagi para pencinta perjalanan alam dan sejarah.

Di sinilah rel bukan hanya sarana, tapi juga narasi panjang tentang hubungan manusia, mesin, dan bumi.

“Rel-rel ini dibangun melawan tantangan alam. Menembus pegunungan, menjelajah lembah, semuanya demi menyatukan Indonesia. Maka kami ingin perjalanan ini juga menjadi ruang kontemplasi dan apresiasi,” pungkas Kuswardojo.***

Editor: Denny Surya
Berita terbaru dan menarik hari ini tentang jalur kereta di pegununganKAI Daop 2 Bandungstasiun kereta api tertinggiStasiun tertinggi di Indonesiawisata kereta api Jawa Barat
Previous Post

Erwan Setiawan Apresiasi 6th Indonesia International Merceday Benz 2025

Next Post

Persib Kalah di Laga Pembuka Piala Presiden 2025, Erwin: Insyaallah Bangkit

Next Post
Persib Kalah di Laga Pembuka Piala Presiden 2025, Erwin: Insyaallah Bangkit

Persib Kalah di Laga Pembuka Piala Presiden 2025, Erwin: Insyaallah Bangkit

Discussion about this post

Indeks Berita

Desember 2025
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
« Nov    
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Bocoran 500 Istilah Tugas MOS – MPLS Terlengkap 2022

Ini Dia Bocoran 500 Istilah Tugas MOS MPLS Terlengkap

Selasa, 12 Juli 2022 - 18:41
Mantaps!, inilah 7 Aneka Makanan yang dibuat dari Umbi-umbian

Mantaps!, inilah 7 Aneka Makanan yang dibuat dari Umbi-umbian

Senin, 13 Februari 2023 - 15:30
mitos dan fakta eureup eureup

Mitos dan Fakta tentang Eureup-Eureup Saat Tidur

Sabtu, 4 Juli 2020 - 13:06
cara transkrip tanpa ngetik

Cara Transkrip Wawancara Tanpa Harus Ngetik

Selasa, 7 Juli 2020 - 17:53
KAI Geber Promo 12.12, Tiket Murah Menggoda Jelang Libur Akhir Tahun

H+9 Nataru, Volume Pengguna Capai 530 Ribu, Stasiun Bandung Padat Wisatawan

Sejarah Pendirian Parmusi, Persaudaraan Muslimin Indonesia

Iuran BPJS Kesehatan Naik Mulai Hari Ini, Kelas I Jadi Rp150 Ribu

mitos dan fakta eureup eureup

Mitos dan Fakta tentang Eureup-Eureup Saat Tidur

KAI Geber Promo 12.12, Tiket Murah Menggoda Jelang Libur Akhir Tahun

H+9 Nataru, Volume Pengguna Capai 530 Ribu, Stasiun Bandung Padat Wisatawan

Jumat, 26 Desember 2025 - 18:36
Libur Nataru 2025, KAI Bandung Sediakan 230 Ribu Tempat Duduk Penumpang

372 Ribu Perjalanan Natal di Bandung, Kereta Komuter Jadi Ruang Sosial Kota

Kamis, 25 Desember 2025 - 18:11
Panoramic Train Dongkrak Citra dan Ekonomi Jalur Selatan

Mobilitas Nataru di Bandung Menguat, Stasiun Ini Jadi Tujuan Kedatangan Utama

Kamis, 25 Desember 2025 - 18:02
KAI Buka Lowongan, Peluang Emas bagi Lulusan SLTA, D3, hingga S1

Arus Pengguna Commuter Bandung Meningkat Jelang Natal, Stasiun Bandung Jadi Titik Utama Pergerakan

Rabu, 24 Desember 2025 - 18:52
  • Indeks Berita
  • Pedoman Pemberitaan
  • Redaksi
  • Tentang Kami
No Result
View All Result
  • Berita
  • Jawa Barat
  • Nasional
  • Dunia Islam
  • Kajian
  • Gaya Hidup
  • Persib Bandung
  • Agenda
  • Radio Streaiming

© 2022 MADANIACOID

slot gacor
ssh account
slot online