MADANIACOID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat kenaikan jumlah penjualan tiket kereta kelas Suite Class Compartment dan Luxury pada semester I 2024. Peningkatan tersebut dikarenakan kedua kereta tersebut dilengkapi dengan ragam fitur menarik seperti sarana kursi yang lebih nyaman dan privat, toilet standar hotel, serta berbagai layanan spesial lainnya.
Pada periode Januari s.d Juni 2024, KAI telah menjual 13.514 tiket kelas Suite Class Compartment. Puncak volume penumpang kelas tersebut terjadi pada bulan Mei 2024 sebanyak 2.492 penumpang atau rata-rata 80 penumpang per hari. Kereta kelas Suite Class Compartment dirangkaikan dengan KA Bima (Gambir – Surabaya Gubeng pp) dan KA Argo Semeru (Gambir – Surabaya Gubeng pp).
“Kereta Suite Class Compartment diluncurkan pada 10 Oktober 2023 dan saat ini menjadi kelas tertinggi di layanan kereta api penumpang, sekelas dengan first class maskapai penerbangan kelas dunia. Kereta ini didesain untuk privasi pelanggan secara maksimal. Dalam 1 kereta, terdapat 16 ruang privat untuk masing-masing pelanggan,” kata VP Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan resminya, Rabu 17 Juli 2024
Kereta Suite Class Compartment diluncurkan pada 10 Oktober 2023 dan saat ini menjadi kelas tertinggi di layanan kereta api penumpang. Dalam 1 Kereta terdapat ruang 16 ruang privat untuk masing-masing penumpang. Layanan ini banyak digunakan oleh pengguna yang ingin melanjutkan perjalanan dengan istirahat yang lebih nyaman atau melanjutkan pekerjaan karena didesain untuk privasi masing-masing pelanggan.
Kereta tersebut mampu menciptakan segmen pelanggan baru, bahkan penumpang rutin pun banyak yang menjadi pelanggan kompartemen. Kereta ini juga diminati setelah sebelumnya KAI melakukan peningkatan waktu tempuh diberbagai Kolidor relasi sebagai contoh KA Bima relasi Gambir – Surabaya Gubeng yang sebelumnya waktu tempuh 11 jam 31 menit (tahun 2021) menjadi waktu tempuhnya 10 jam 30 menit (tahun 2023).
Di tiap ruangan kereta Suite Class Compartment, telah terpasang pintu geser yang dapat digerakkan secara otomatis. Adapun kursinya dapat direbahkan (reclining) hingga 180 derajat sehingga dapat berfungsi sebagai kasur tidur. Kursi tersebut dapat diputar (revolving) sehingga penumpang dapat menyesuaikan dengan arah perjalanan kereta api.
Selain sudut kemiringan sandaran kepala, kaki, dan badan; tingkat kehangatan dari kursi ini juga bisa diatur. Kursi ini juga memiliki fitur pijat yang bisa disetel untuk berbagai teknik pijatan. Pada kursi ini juga ada baki lipat yang bisa difungsikan untuk meja makan atau meja kerja. Di samping itu, fasilitas-fasilitas lain juga akan penumpang dapatkan khusus bagi pengguna kelas Suite Class Compartment.
“Sementara kereta kelas Luxury selama Januari s.d Juni 2024 telah melayani 82.684 penumpang, naik 46% dibanding periode yang sama tahun 2023 sebanyak 56.567 penumpang. Puncak volume penumpang kelas Luxury terjadi pada bulan April 2024 sebanyak 17.353 penumpang atau rata-rata 578 penumpang per hari,” ujar Anne.
Kereta kelas Luxury dirangkaikan dengan KA Argo Dwipangga (Gambir – Solo Balapan pp), Argo Bromo Anggrek (Gambir – Surabaya Pasarturi pp), Argo Lawu (Gambir – Solo Balapan pp), Argo Parahyangan (Gambir – Bandung pp), Gajayana (Gambir – Malang pp), Sembrani (Gambir – Surabaya Pasarturi pp), Taksaka (Gambir – Yogyakarta pp), dan Manahan Tambahan (Gambir – Solo Balapan pp).
Kereta kelas Luxury saat ini sudah ada 3 generasi. Generasi pertama diluncurkan pada 12 Juni 2018, generasi kedua diluncurkan pada 26 Mei 2019, dan generasi ketiga (New Generation) diluncurkan pada 13 Desember 2023.
Keunggulan Kereta Luxury New Generation ini di antaranya pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis. Hal ini akan semakin memudahkan pelanggan dalam membuka ataupun menutup pintu tanpa mengeluarkan banyak energi. Suara aktivitas buka-tutup pintu pun menjadi lebih senyap.
“KAI mengucapkan terima kasih kepada para pelanggan setia yang telah memilih layanan Kereta Suite Class Compartment dan Luxury. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dalam memberikan pengalaman perjalanan yang tak terlupakan bagi para pelanggan,” tutup Anne.***
Editor : Deni Surya
Discussion about this post