Bandung, madania.co.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung mencatat sebanyak 2.478.321 pelanggan berangkat menggunakan layanan kereta api jarak jauh pada periode Januari hingga Juni 2025.
Jumlah ini mengalami peningkatan sekitar 8 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 2.344.402 pelanggan pada semester I Tahun 2024.
Manager Humasda KAI Daop 2 Bandung Kuswardojo mengatakan bahwa kenaikan ini mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan transportasi kereta api yang terus meningkat, seiring dengan peningkatan fasilitas pelanggan, peningkatan ketepatan waktu, serta digitalisasi layanan yang semakin mempermudah pelanggan.
“Peningkatan jumlah pelanggan ini menjadi motivasi bagi KAI Daop 2 Bandung untuk terus menghadirkan layanan yang aman, nyaman, dan handal, serta berkontribusi aktif dalam mobilitas masyarakat di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya,” ujar Kuswardojo. Senin (14/7/2025)
Beberapa faktor yang turut mendorong kenaikan ini antara lain meningkatnya minat masyarakat bepergian selama momen liburan, seperti Tahun Baru, Idul Fitri, liburan sekolah, libur panjang akhir pekan, dan cuti bersama.
Selain itu semakin mudahnya akses pemesanan tiket secara daring melalui aplikasi Access by KAI dan kanal resmi lainnya serta kemudahan pada layanan boarding dengan aplikasi Access maupun Face Recognition juga menjadi salah satu faktor yang memudahkan pelanggan tanpa perlu repot dengan layanan manual.
Rute-rute favorit pelanggan selama semester I 2025 antara lain relasi Bandung – Gambir, Bandung – Yogyakarta, Kiaracondong – Kutoarjo, Kiaracondong – Lempuyangan, Bandung – Surabaya Gubeng serta tujuan ke kota-kota lain di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sementara itu, KA Favorit yang paling banyak digunakan pelanggan antara lain KA Cikuray, KA Parahyangan, KA Malabar, KA Lodaya, KA Kahuripan, KA Kutojaya Selatan, KA Papandayan, dan KA Pangandaran.
KAI Daop 2 Bandung mengucapkan terima kasih atas kepercayaan para pelanggan telah menggunakan layanan kereta api.
“Kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan yang telah mempercayakan perjalanannya dengan kereta api. Angka hampir 2,5 juta pelanggan ini menjadi bukti kepercayaan masyarakat terhadap layanan kami yang terus bertransformasi menjadi lebih baik,” tambah Kuswardojo.
“Komitmen kami adalah memberikan pelayanan yang aman, nyaman, tepat waktu, dan ramah lingkungan. Kami juga terus mendorong penggunaan layanan digital seperti pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI, check-in mandiri, hingga boarding dengan face recognition yang kini terus berkembang,” pungkas Kuswardojo.***











Discussion about this post