Akselerasi Keuangan Digital di Jawa Barat, BI Selenggarakan Rakorwil dengan Pemda

67

Madania.co.id, Bandung – Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat menyelenggaraan Rapat Koordinator Wilayah Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (Rakorwil TP2DD dan TPID) se-Jawa Barat Tahun 2021 secara virtual.

Rakorwil mengusung tema “Akselerasi Ekonomi Keuangan Digital untuk Mendukung Stabilisasi Harga dan Terwujudnya Visi Jawa Barat Provinsi Digital melalui Penguatan Sinergi dan Kolaborasi”.

Rakorwil daerah secara resmi dibuka oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang bertindak sebagai tuan rumah acara serta sebagai Ketua TP2DD dan Ketua TPID Provinsi Jawa Barat, bersama Kepala Perwakilan BI Jawa Barat, Herawanto.

Dalam sambutan virtualnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan dalam upaya pemulihan ekonomi, perlu adanya kekompakan dan persamaan persepsi diantara seluruh kepala daerah.

“Ini lah pentingnya Rakorwil hari ini. Sinkronkan program untuk pemulihan ekonomi khususnya digitalisasi dan pengendalian inflasi,” ujarnya, Selasa (27/7/2021).

Baca Juga:  Imam Swedia Menghimbau Umat Muslim Untuk Menahan Diri

“Dalam upaya pemulihan ekonomi Jawa Barat, transformasi digital menjadi langkah penting yang harus dilakukan secara terintegrasi, terstruktur dan masif. Penyelenggaraan Rakorwil TP2DD dan TPID 2021 merupakan wujud sinergi dan pembentukan wadah terhadap berbagai upaya percepatan dan perluasan digitalisasi yang telah ditempuh Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” ujar Kepala Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto.

Transformasi digital dalam jangka pendek sangat relevan sebagai sebuah solusi di masa pandemi, dan dalam jangka menengah panjang menjadi katalisator percepatan mencapai cita-cita untuk mewujudkan visi Jawa Barat sebagai provinsi digital.

Langkah awal penguatan kelembagaan dalam mendukung transformasi digital di Jawa Barat telah ditempuh melalui penyelenggaraan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) tanggal 9 April 2021, yang ditindaklanjuti dengan respon positif dan antusias kepala daerah di seluruh kabupaten/kota untuk membentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di masing-masing daerahnya.

Baca Juga:  Pangeran dan Putri Inggris mengunjungi Masjid London Timur

Pada hari ini, seluruh 28 daerah (provinsi/ kabupaten/ kota) telah resmi membentuk TP2DD tersebut. Gerak cepat ini sejalan dengan fungsi TP2DD yang bagi provinsi seperti Jawa Barat adalah wadah tempat Kepala Daerah merumuskan berbagai kebijakan dan strategi implementasinya melalui koordinasi dengan berbagai institusi/ otoritas terkait serta berbagai komponen perekonomian yang tercakup dalam kerjasama pentahelix.

Oleh karena itu, TP2DD diharapkan dapat mendorong berbagai inisiatif dan inovasi dalam mempercepat dan memperluas terbentuknya ekosistem digital, baik dari pemerintah, industri, UMKM dan masyarakat, dari kabupaten/kota sampai pelosok wilayah; dari kawasan industri sampai area publik seperti sekolah, tempat ibadah hingga tempat pariwisata; dari perkantoran hingga perumahan; dari desa sederhana di ujung wilayah hingga mega modern cities; dan seterusnya sehingga ke depan terbentuk kawasan digital yang luas di Jawa Barat sebagai “The Future of West Java”.

Baca Juga:  Perusahaan Furnitur Asal Bandung Ekspor ke AS

Dalam jangka pendek, TP2DD berperan sebagai wahana untuk semakin memperkuat komitmen, semangat dan motivasi Pemda dalam mempercepat dan memperluas ekosistem ekonomi keuangan digital, antara lain melalui elektronifikasi transaksi Pemda (ETPD) dan transaksi pembayaran oleh pelaku ekonomi dan masyarakat.

Jumlah Pemda yang termasuk kategori “pada tahap digital“ di Jawa Barat meningkat signifikan, dari 9 Pemda menjadi 20 Pemda pada posisi triwulan II tahun 2021. Selain itu, berdasarkan hasil survei ETPD yang terakhir dilakukan oleh Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (atau Satgas P2DD) di tingkat pusat, peringkat Provinsi Jawa Barat secara nasional dalam implementasi ETPD juga berhasil merangkak naik dari 9 menjadi 3 besar. (Tgh)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here