
Madania.co.id, Bandung– Bank bjb siapkan Rp15,1 T untuk Ramadan-Idulfitri 1442 H. Selama Ramadan dan menjelang Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah, bank bjb memproyeksikan uang tunai sebesar Rp15,1 triliun.
Dana tersebut akan dialokasikan untuk pemenuhan kebutuhan operasional dan ketersediaan dana ATM di seluruh jaringan kantor bank bjb di 14 Provinsi di Indonesia.
Dari jumlah tersebut, sebesar Rp9,3 triliun akan dialokasikan bagi pemenuhan kebutuhan operasional. Sementara sebesar Rp5,8 triliun dialokasikan untuk ketersediaan dana di ATM.
Persiapan dana pada periode Ramadan dan Idulfitri 2021 tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi. Terutama terhadap tren kebutuhan uang di kalangan masyarakat. Pasalnya, kebutuhan uang selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya menjelang Idulfitri.
Sesuai Proyeksi Kebutuhan
Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan, jumlah dana yang disalurkan telah disesuaikan dengan proyeksi kebutuhan selama Ramadan dan Idulfitri 1442 H.
Diperkirakan, volume transaksi melalui ATM bank bjb maupun pengambilan uang tunai di jaringan kantor bank bjb akan meningkat di periode tersebut.
“Bank bjb telah mempersiapkan dana likuiditas yang dapat dicairkan untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat. Selama sepanjang Ramadan dan pada saat Idulfitri 2021. Dana tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat,” ungkap Widi, Rabu (28/4/2021).
Bank bjb siapkan Rp15,1 T untuk Ramadan-Idulfitri 1442 H. Widi memaparkan, penyediaan dana likuiditas ini juga bertujuan menunjang kebutuhan keuangan daerah. Termasuk sebagai stimulus di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.
Oleh karenanya, bank bjb tetap menerima layanan penukaran uang. Termasuk penukaran Uang Peringatan Khusus 75 Tahun Republik Indonesia. Ini selama bulan Ramadan 1442 H. Tempatnya di seluruh jaringan kantor bank bjb. Tentunya sepanjang kuota penukaran masih tersedia.
Pelayanan Penukaran
Pelayanan penukaran dilaksanakan dengan memperhatikan standar protokol kesehatan COVID-19 secara ketat.
Meskipun bank bjb telah mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat, bank bjb tetap mengimbau masyarakat untuk mengoptimalkan transaksi digital melalui channel-channel yang telah tersedia.
Nasabah bank bjb bisa dengan mudah menggunakan layanan non operasional kantor dengan e-channel seperti bjb ATM, bjb EDC, bjb DigiCash, bjb Digi (bjb Mobile, bjb NET, bjb SMS).
Seluruh layanan e-channel ini menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah bertransaksi untuk berbagai keperluan tanpa harus melakukan kontak fisik, atau bahkan beranjak dari tempat.
Layanan perbankan yang dapat diakses lewat e-channel bank bjb meliputi pengecekan saldo, transfer uang, pembayaran air, telepon, kartu kredit, televisi berlangganan, internet, isi ulang pulsa dan lainnya.
Layanan ini memberikan kenyamanan dan keamanan kepada nasabah untuk melakukan transaksi di masa pandemi COVID-19.
“Kami juga mengimbau nasabah pengguna layanan e-channel untuk senantiasa waspada terhadap modus-modus penipuan. Jangan pernah memberikan data-data seperti nomor PIN, CVV dan OTP kepada siapapun,” ujar Widi. (tgh)









Discussion about this post