Ini Kata Prof Hadi, Menjadi Petani Itu Mengagumkan

135

GenBI UIN Bandung Gelar Webinar Maestero

Webinar GenBI

Madania.co.id, Bandung — Ini kata Prof. Hadi Susilo Arifin, Ph.D  tentang petani. Untuk memulai menjadi seorang petani milenial bisa dilakukan dengan mengubah paradigma dan menanamkan bahwa menjadi petani itu mengagumkan. Ia juga membeberkan segala pengalaman dan pemahamannya mengenai  Agricultural.

Itulah inti yang disampaikan Hadi pada webinar Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat UIN Bandung. Webinar Nasional Maestero Corner ini mengangkat tema “Achieving SDG’s in 2030: ”Milennial Farmers as The strategic Sector Towards Decent Work and Economic Growth,” yang digelar Rabu, 7 April 2021 dengan jumlah pendaftar 1067 orang.

Webinar Maestro ini dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran, dan opening speech oleh Setian dari Perwakilan KPw Jawa Barat. Acara dilanjutkan dengan talkshow yang menghadirkan narasumber pertama yaitu Prof. Hadi Susilo Arifin, Ph.D seorang Professor in Ecology and Management Of Landscape Bogor Agricultural University.

Mengutip pidato Bung Karno, ia menegaskan  bahwa pertanian adalah hidup dan mati bangsa serta penduduk Indonesia yang diprediksikan akan mencapai 319 juta jiwa di tahun 2045. Ia juga menambahkan bahwa bangsa ini akan kuat apabila mampu mengendalikannya.

Baca Juga:  Kang DS Dilantik Jadi Bupati 26 April, Ini Harapan Dua Politisi PKB

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, pertanian adalah kebutuhan dasar. “Pertanian bisa menyuplai sandang, pangan, papan dan energi.  Kita tidak bisa mengelak bahwa dari sejarah Indonesia pertanian bisa memenuhi kebutuhan dasar negara,” jelasnya.

Narasumber ke-2, David Setyadi Gunawan, founder dan CEO Eden Farm yaitu sebuah perusahaan pemasok sayuran sampai buah-buahan yang di produksi oleh petani lokal.  David juga membeberkan bagaimana cara berbisnis yang baik bagi para petani. Terkhusus bagi calon petani millennials yang akan memulai usahanya.

Webinar GenBI UIN Bandung

Cindy Sukses Menjadi Petani Milenial

Baca Juga:  Satpol PP Jabar Monitor Protokol Kesehatan di 8 Daerah

Narasumber ke-3 adalah Cindy Nur Oktaviani seorang mahasiswa yang mendirikan Komunitas Baroedak Tatanen. Meski usianya masih sangat muda, Cindy berhasil membantu masyarakat dalam mengelola dan memasarkan hasil tani nya.

Dengan memegang teguh pendirian “Penerapan Pertanian Lokal Berbasis Agrososiopreneur kepada regenerasi petani demi terwujudnya desa mandiri di Indonesia” Cindy berhasil menjadi seorang petani millenial yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Ketika ditanya mengenai bagaimana ia membantu mengelola petani di lingkungan sekitarnya, Cindy mengungkapkan bahwa hal tersebut tidak mudah. “Perlu adanya pemahaman dan perkenalan yang lebih dalam agar bisa saling memahami.”

Insight Baru untuk Generasi Milenial

Acara webinar dilaksanakan secara online melalui zoom meeting, dimulai tepat pukul 08.00 WIB “Webinar Maestro” juga ditayangkan langsung melalui saluran YouTube GenBI UIN Bandung.

Webinar Maestro digelar dengan tujuan berbagi ilmu dan wawasan yang bertujuan untuk memberikan insight baru kepada Generasi Milenial di Indonesia tentang pentingnya sektor pertanian untuk menopang program pemerintah SDG’s 2030 khususnya dalam Economic Growth.

Memberikan kontribusi secara nyata kepada pemerintah untuk membantu mewujudkan target dan tujuan SDG’s 2030 khususnya dalam Economic Growth melalui sektor pertanian, serta menghimpun semangat dan kesadaran personal dari Generasi Milenial untuk lebih peduli terhadap sektor pertanian yang ada di wilayah masing-masing.

Baca Juga:  Guguran Lava Pijar Gunung Merapi Kembali Terjadi, Aktivitas Vulkanik Meningkat

Mengambil tema Sustainable Development Goals (SGD’s) yang berisi 17 tujuan dan 169 target merupakan rencana aksi global untuk 15 tahun ke depan (berlaku sejak 2016 hingga 2030), guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDG’s berlaku bagi seluruh negara (universal). Sehingga seluruh negara tanpa kecuali negara maju memiliki kewajiban moral untuk mencapai tujuan dan target SDG’s. (rls)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here